regional

7 Taman Nasional Indonesia Masuk dalam ASEAN Heritage Park

Penulis Ashila Syifaa
Sep 15, 2023
Pemandangan pegunungan di Taman Nasional Lorentz. (Foto: Tamannasionallorentz.menlhk.go.id)
Pemandangan pegunungan di Taman Nasional Lorentz. (Foto: Tamannasionallorentz.menlhk.go.id)

ThePhrase.id - ASEAN Heritage Park (AHP) atau Taman Warisan ASEAN adalah daerah-daerah di kawasan ASEAN yang dilindungi karena memiliki keanekaragaman hayati dan eksositemnya yang unik, keindahan alam, hingga nilai budaya, pendidikan, penelitian, rekreasi, dan pariwisata. 

ASEAN Heritage Park memiliki visi untuk menjaga serta mengelola secara berkelanjutan untuk digunakan dan dibagikan secara adil untuk kesejahteraan masyarakatnya. 

Dari 11 negara ASEAN terdapat 55 kawasan yang dilindungi dan 7 di antaranya merupakan taman nasional yang terdapat di Indonesia. 

1. Taman Nasional Kepulauan Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan kawasan pelestarian bahari yang letaknya kurang lebih 45 km sebelah utara Jakarta. 

Memiliki luas 107.489 hektar, kawasan ini merupakan gugusan kepulauan dan perairan laut dangkal dengan keindahan alam laut. Selain keindahannya terdapat juga ekosistem yang unik yang menjadi habitat hewan langka seperti penyu sisik.

2. Taman Nasional Lorentz

 7 Taman Nasional Indonesia Masuk dalam ASEAN Heritage Park
Pemandangan pegunungan di Taman Nasional Lorentz. (Foto: Tamannasionallorentz.menlhk.go.id)

Taman Nasional ini merupakan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara yang memiliki luas wilayah mencapai 2.505.600 hektar. Terletak di antara 3 provinsi Papua, yakni Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan yang terbagi menjadi 16 distrik.

Taman Nasional Lorentz ini memiliki beragam ekosistem mulai dari ekosistem pesisir pantai sampai pada ekosistem montana. Kawasan ini juga merupakan salah satu dari tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis.

3. Taman Nasional Wakatobi

 7 Taman Nasional Indonesia Masuk dalam ASEAN Heritage Park
Pantai Cemara di Wakatobi. (Foto: Indonesia.travel)

Taman Nasional Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara dengan wilayah seluas 1,39 juta hektar. 

Taman Nasional Wakatobi terdiri dari 25 gugusan terumbu karang sepanjang 600 km dan merupakan akronim dari nama empat pulau besar, yaitu  Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia dan Pulau Binongko.

4. Taman Nasional Gunung Leuser

 7 Taman Nasional Indonesia Masuk dalam ASEAN Heritage Park
Bunga Amorphophalus Titanum bunga endemik pulau sumatera yang ada di Taman Nasional Gunung Leuser. (Foto: visitleuser.com) 

Kawasan pelestarian alam ini memiliki wilayah seluas 1.094.692 hektar yang secara administrasi pemerintahan terletak di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara.

Nama taman nasional ini diambil dari nama Gunung Leuser yang memiliki ketiggian 3.404 mdpl. Ekosistem taman ini meliputi pantai dan pegunungan tinggi. 

5. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung memiliki luas 43.750 hektar yang letaknya secara administratif mencakup tiga wilayah kabupaten yang saling berbatasan, yaitu Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, dan Kabupaten Bone di Sulawesi Selatan.

Taman ini juga merupakan satu-satunya di Indonesia yang memiliki ekosistem karst. Tak hanya itu, taman ini juga dijuluki sebagai the kindom of butterfly karena memiliki 240 jenis kupu-kupu ekor layang-layang.

6. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan kawasan pelestarian alam yang terletak di Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. 

Tak hanya menjadi kawasan pelestarian alam, Way Kambas juga melindungi satwa liar yang dikenal dengan The Big Five mammals, yaitu tapir (Tapirus indicus), gajah Sumatera (Elephant maximus sumatranus), harimau Sumatera (Panthera tigris), badak Sumatera (Diserohinus sumatranus) dan beruang madu (Helarctos malayanus)

7. Taman Nasional Kerinci Seblat

 7 Taman Nasional Indonesia Masuk dalam ASEAN Heritage Park
Gunung Kerinci di Taman Nasional Kerinci Seblat. (Foto: tnkerinciseblat.or.id)

Taman Nasional Kerinci Seblat adalah taman nasional terbesar di Sumatra yang memiliki luas wilayah sebesar 13,750 km².

Taman nasional ini terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki wilayah dataran tertinggi di Sumatra, Gunung Kerinci. Taman nasional ini juga memiliki air mata air panas, sungai beraliran deras, gua, air terjun dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara yaitu  Danau Gunung Tujuh. [Syifaa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic