sport

Indonesia Mau Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034 dengan Malaysia, Singapura, dan Australia

Penulis Ahmad Haidir
Oct 10, 2023
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Foto: PSSI
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Foto: PSSI

Thephrase.id - Indonesia sedang menggalang kekuatan. Tidak main-main, PSSI ingin menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034 dengan tiga negara lainnya.


Tiga negara yang dimaksud ialah Malaysia, Singapura, dan Australia. FIFA menjamin Piala Dunia 2034 akan digelar di Asia atau Oceania.


"Kami sedang berdiskusi dengan beberapa negara untuk bidding sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034," beber Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.


"Kami sedang diskusi dengan Australia. Sebenarnya dari 2017 sudah ada pembicaran dengan sesama negara Asia Tenggara. Tetapi belum ada yang konkret," sambung Erick Thohir.


Erick Thohir sudah berbicara dengan pihak Australia dalam Kongres FIFA di Rwanda pada Maret 2023. Ia juga telah menemui Pemerintah Malaysia dan Singapura pada awal bulan ini.


"Kami sedang menunggu Pemerintah Australia untuk keseriusan bekerja sama dengan Indonesia. Tetapi, ada yang menarik lagi," beber Erick Thohir.


"Ketika saya mengunjungi Malaysia dan Singapura, kedua negara itu menyatakan tertarik untuk bergabung dengan Indonesia dan Australia," lanjutnya.

 Indonesia Mau Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034 dengan Malaysia  Singapura  dan Australia
Indonesia akan ajak Malaysia, Singapura dan Australia untuk jadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034. Foto: PSSI

"Jadi, kalau ada berita-berita Indonesia ditinggalkan Australia, jangan percaya. Ketua PSSI-nya di sini. Tetapi, konteksnya kami masih diskusi," tambah Erick Thohir.


"Sebab, untuk tanda tangan kebersamaan itu pada 31 Oktober 2023. Jadi masih kami diskusikan," lanjutnya. Erick Thohir juga menyanggah Indonesia tidak diajak Australia.


"Saya keberatan ketika konteks-nya 'oh Australia tidak mengajak Indonesia karena banyak masalah', saya keberatan, Australia tidak pernah menyatakan itu, kalau tidak ngapain kontak saya gitu, iya kan?" ucapnya.


"Ya ini 'kan selalu kita ini sering terjebak stigma men-downgrade kita sebagai bangsa, menurunkan kita sebagai bangsa, jadi kalau udah yang gitu-gitu saya agak keras ya," kata Erick Thohir.


"Karena kalau kita dianggap rendah dianggap lemah oleh bangsa lain saya tidak terima, ini bangsa Indonesia, kita sudah membuktikan banyak hal yang bagus, Indonesia sebagai negara, Indonesia juga sebagai kontribusi ke dunia, kita sudah buktikan kok, itu yang mau saya nyatakan," tutupnya.

 
Related News

Popular News

 

News Topic