e-biz

10 Brand Paling Bernilai di Dunia Tahun 2023, Ada Favoritmu?

Penulis Firda Ayu
Dec 29, 2023
(Foto: upload.wikimedia.org)
(Foto: upload.wikimedia.org)

ThePhrase.id - Menjelang akhir tahun 2023 tak sedikit dari kita bertanya-tanya akan merek atau brand yang memiliki nilai tinggi. Menjadi identitas bagi sebuah produk atau layanan tertentu, brand value atau nilai sebuah merek menjadi bagian penting dari sebuah perusahaan. Sementara itu, brand atau merek sendiri memiliki definisi nama yang unik dan dikenal untuk suatu jasa atau produk tertentu. 

Merek dapat merujuk pada persepsi pelanggan tentang produk atau layanan tertentu. Sehingga semakin tinggi brand value dari suatu produk atau jasa, maka semakin baik pula persepsi pelanggan pada produk atau jasa.

Lantas, brand apa saja yang paling bernilai di tahun 2023? Simak daftar 10 brand paling bernilai di dunia berikut dari Brand Finance dilansir Visual Capitalist.

  1. Amazon, 299,3 miliar dolar AS 
  2. Apple, 297,5 miliar dolar AS 
  3. Google , 281,4 miliar dolar AS 
  4. Microsoft, 191,6 miliar dolar AS 
  5. Walmart, 113,8 miliar dolar AS 
  6. Samsung Group, 99,7 miliar dolar AS 
  7. ICBC, 69,5 miliar dolar AS 
  8. Verizon, 67,4 miliar dolar AS 
  9. Tesla, 66,2 miliar dolar AS 
  10. TikTok/Douyin, 65,7 miliar dolar AS

Menempati posisi pertama secara global, Amazon berhasil memimpin dengan brand value senilai 299,3 miliar dolar AS. Sebagai pemimpin pada bidang online retail, Amazon memiliki loyalitas merek kuat di segmen B2C yang menghasilkan pendapatan terbesar dan menjadi kunci layanan cloud untuk platform B2B Amazon.

10 Brand Paling Bernilai di Dunia Tahun 2023  Ada Favoritmu
(Foto: visualcapitalist.com)

Pada posisi kedua Apple menyusul dengan brand value senilai 297,5 miliar dolar AS. Menempati posisi puncak di tahun 2022, brand value Apple mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu akibat berbagai faktor, seperti gangguan rantai pasokan, kendala pasar tenaga kerja, dan slower forecasted revenue.

Berada di posisi keenam dalam daftar, Samsung yang memiliki brand value 99,7 miliar dolar AS berhasil menjadi perusahaan berbasis luar Amerika dengan brand value tertinggi.

Sementara itu, sektor tech atau teknologi tetap mendominasi daftar brand paling bernilai di tahun 2023 dengan total brand value senilai 891,2 miliar dolar AS berkat pengaruh besar dari Apple, Microsoft, hingga Samsung.

Disusul oleh sektor lain, retail pada posisi kedua dengan nilai 690 miliar dolar AS, media di posisi ketiga dengan nilai 645 miliar dolar AS, dan sektor banking dengan nilai 467,4 miliar dolar AS. 

Itu dia daftar brand paling bernilai di dunia tahun 2023, ada brand favoritmu? [fa]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic