ThePhrase.id – Perkembangan pesat industri kecantikan di Asia Tenggara membuat pecinta beauty products makin dimanjakan dengan beragam pilihan.
Melansir Campaign Asia yang bekerja sama dengan Milieu Insight melakukan riset untuk mengevaluasi merek-merek dari enam negara, yaitu Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Singapura.
Di antara banyaknya merek yang bersaing, sepuluh nama ini berhasil menempati posisi teratas sebagai merek kecantikan terbaik di kawasan Asia Tenggara. Hal ini berdasarkan kesadaran merek, kualitas produk, pengalaman berbelanja, layanan pelanggan, kepercayaan, inovasi, dan kemudahan akses melalui interaksi digital maupun offline.
Yang membanggakan, salah satu di antaranya berasal dari Indonesia! Yuk cek daftarnya.
Wardah menjadi kebanggaan Indonesia di kancah Asia Tenggara. Merek ini dikenal karena komitmennya menghadirkan produk kecantikan halal, sesuai dengan kebutuhan mayoritas penduduk Muslim di Indonesia.
Tak hanya cerdas menjaga inklusivitas untuk konsumen muslim, Wardah juga tetap diminati oleh konsumen non-Muslim dan yang tidak berhijab. Kombinasi strategi pemasaran yang tepat dan kualitas produk menjadikan Wardah sebagai merek yang mampu membuktikan bahwa kecantikan halal bisa dinikmati oleh semua.
Dikenal luas berkat kepopuleran produk pelembapnya dengan harga terjangkau, Vaseline berhasil menempati peringkat kedua di antara merek produk kecantikan di Asia Tenggara. Hasil survei menunjukkan bahwa Thailand menjadi pasar yang mana Vaseline menempati posisi kedua setelah Nivea berkat frekuensi pembelian, pengalaman berbelanja, dan layanan pelanggan yang baik.
Sebagai jaringan toko kesehatan dan kecantikan yang memiliki banyak cabang, Watsons berhasil menempati posisi ketiga di seluruh pasar Asia Tenggara. Dengan pelayanannya yang baik, Watsons meraih peringkat pertama dalam kategori merek kecantikan di tiga negara sekaligus: Singapura, Malaysia, dan Filipina.
Menjadi pemain lama di industri perawatan kulit, Nivea terus mempertahankan eksistensinya di panggung kecantikan global, khususnya di Asia. Merek asal Jerman ini meraih peringkat pertama di Thailand, dengan perpaduan branding yang efektif dan formula produk yang disesuaikan dengan iklim tropis.
Berada di bawah naungan raksasa kosmetik L’Oreal, La Roche-Posay yang berfokus pada kulit sensitif berhasil merebut hati konsumen dan menempati posisi lima besar di Asia Tenggara. Produknya yang efektif dengan formula lembut, La Roche-Posay mendapat sambutan sangat baik di Vietnam, dengan nilai tinggi dalam kualitas, pengalaman membeli, dan layanan pelanggan.
Tak hanya dikenal akan produk fashion-nya, Dior berhasil unggul dalam kategori kecantikan dengan produk-produk mewah seperti parfum, skincare, dan makeup. Di Asia Tenggara, Dior menempati posisi keenam secara keseluruhan, dan meraih peringkat ketiga di Vietnam berkat kualitas tinggi dan pengalaman berbelanja yang memuaskan.
Sebagai brand global dari Korea Selatan, Sulwhasoo makin dikenal luas berkat kolaborasinya dengan para bintang K-pop ternama seperti Blackpink. Di Thailand, merek ini berhasil masuk 10 besar dalam kategori kosmetik dan perawatan kulit, menjadikannya salah satu brand Korea yang paling berpengaruh di Asia Tenggara.
Merek kecantikan asal Prancis ini tetap jadi favorit di pasar Asia Tenggara. Dengan lini produk yang meliputi skincare, makeup, dan parfum, Lancôme berhasil mencetak posisi kedelapan dengan skor 53,35 secara keseluruhan, berkat tingginya minat konsumen di Asia Tenggara.
Mengambil nama dari Bahasa Prancis yang berarti “salju”, merek kecantikan asal Korea Selatan ini telah mencuri hati para penggemar kecantikan di seluruh dunia. Dengan produk andalan, seperti lini Water Sleeping Mask, Laneige berhasil meraih skor 53,1%. Skor tinggi yang diraih di Thailand cukup untuk membawa Laneige masuk ke dalam 10 besar di Asia Tenggara.
Sebagai merek legendaris yang sudah berdiri sejak 1886, Avon tetap kuat lewat model penjualan langsung yang kini menjadi warisan keluarga di banyak rumah tangga. Di Filipina, Avon punya jutaan penggemar Avon yang setia yang menjadikan Avon merek terpopuler di negara tersebut.
Itu dia 10 merek kecantikan terpopuler di Asia Tenggara yang berhasil merebut hati para beauty enthusiast. Ada favoritmu? [fa]