lifestyleHealth

5 Cara Memulai Hari agar Lebih Bersemangat

Penulis Ashila Syifaa
Oct 07, 2023
Ilustrasi mendengarkan musik di pagi hari. (Foto: Unsplash/Manuel Iallonardi)
Ilustrasi mendengarkan musik di pagi hari. (Foto: Unsplash/Manuel Iallonardi)

ThePhrase.id - Kemalasan untuk bangun pagi dan memulai hari merupakan salah satu perasaan yang dirasakan oleh sebagian besar orang. Terutama dengan kenyamanan tidur, kasur dan selimut, beberapa orang bahkan dapat bangun dengan rasa grogi dan cemas. 

Jika bangun pagi untuk memulai hari menjadi suatu hal yang menantang, itu pertanda perlu adanya rutinitas baru di pagi hari. Ini beberapa tips untuk memulai hari agar lebih bersemangat lagi.

1. Buat Playlist dan Dengarkan Musik

Bagi yang suka bangun pagi dengan kegiatan yang pasif dan lebih tenang, dapat memulai hari dengan mendengarkan musik. Menurut penelitian yang diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, musik dapat mendorong dan meningkatkan keadaan psikologis seseorang.

Namun, jenis musik yang didengarkan dapat berpengharuh pada keadaan diri saat bangun dari tidur. Pilihlah musik yang berenergi yang memiliki 50 to 80 beats per-menitnya. Hal ini dikatakan dapat merangsang area subkortikal di otak yang mengontrol motivasi.

Sedangkan jika merasa cemas saat bangun dapat mencoba mendengarkan musik klasik yang dapat menghambat produksi hormon stres dan juga dapat berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah.

2. Mandi dengan Air Dingin

5 Cara Memulai Hari agar Lebih Bersemangat
Ilustrasi memulai hari dengan mandi air dingin. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Memulai hari dengan mandi air dingin memiliki beberapa manfaat seperti menguatkan kekebalan tubuh, meningkatkan mood, membersihkan kulit, dan memperbaiki metabolisme tubuh. Air dingin dapat membantu mengurangi kadar kortisol (hormon yang dihasilkan saat stres), detak jantung serta meningkatkan endorfin. 

Namun jika tidak kuat dengan air dingin di pagi hari dapat juga merendam pergelangan tangan di air es, yang juga memiliki efek yang sama. Pergelangan tangan memiliki arteri utama yang banyak sehingga efeknya lebih cepat terasa.

3. Awali Hari dengan Jus Jeruk

Bagi yang membutuhkan kopi setiap pagi yang mengakibatkan kecemasan coba memulai hari dengan meminum jus jeruk. Menurut penelitian dari University of Reading, Inggris, meminum jus jeruk setiap pagi dapat meningkatkan kesadaraan dan konsentrasi.

Hal ini karena jeruk memiliki kandungan flavonoids yang tinggi, kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi otak dengan mengaktifkan jalur sinyal di hipokampus, tempat pembelajaran dan memori diproses.

4. Gunakan Wewangian Ruangan

5 Cara Memulai Hari agar Lebih Bersemangat
Ilustrasi menggunakan difuser untuk memberikan aroma pada ruangan. (Foto: Unsplash/Hyoshin Choi)

Penelitian menunjukkan bahwa aroma dapat memiliki dampak neurologis yang kuat berkat hubungan antara reseptor penciuman dan sistem limbik yang merupakan area di dalam otak bertanggung jawab atas suasana hati dan ingatan. 

Aroma jeruk disarankan untuk digunakan wewangian pada pagi hari, wangi lemon dikatakan dapat meningkatkan kesadaran. Sedangkan lavender lebih baik digunakan saat hendak tidur karena sifatnya yang relaksasi.

Untuk sesuatu yang lebih segar, cobalah minyak esensial rosemary, yang merangsang energi mental dan meningkatkan fungsi ingatan. Sementara itu, minyak esensial pine memiliki potensi yang dapat mengurangi kelelahan mental, membantu konsentrasi dan meningkatkan kejernihan mental. Cara paling cepat dan mudah untuk mengisi ruangan dengan aroma adalah menggunakan diffuser.

5. Bernyanyi Sambil Siap-Siap

Menurut penelitian ilmiah, semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa menyanyi melepaskan neurotransmitter penting yang meningkatkan suasana hati seperti endorfin, serotonin, dan dopamin, yang meningkatkan perasaan kesejahteraan. 

Saat bernyanyi fisik oksigen akan terpopa ke dalam darah yang dapat membantu pelepasan endorfin sehingga bernyanyi menjadi kegiatan yang sangat euforik.

Tuntutan kompleks pada otak saat menyanyi juga baik untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif secara keseluruhan. Oleh sebab itu menyanyi sering kali masuk dalam terapi demensia.

Menyanyi di pagi hari juga dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres, karena saat mengandalkan pernapasan dalam, diaphragmatik yang memicu sistem saraf parasimpatik tubuh, membantu melambatkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kadar kortisol. [Syifaa

 
Related News
Popular News
 

News Topic