lifestyleHealth

5 Makanan Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Usus

Penulis Nadira Sekar
Nov 04, 2023
Foto: Kombucha (freepik.com)
Foto: Kombucha (freepik.com)

ThePhrase.id - Kesehatan usus memiliki dampak besar terhadap kesehatan secara keseluruhan. Pasalnya, usus adalah rumah bagi miliaran mikroorganisme yang membantu dalam proses pencernaan makanan, penyerapan nutrisi, serta berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

Untuk menjaga kesehatan usus dan memastikan bahwa flora usus kita tetap seimbang, penting untuk memasukkan makanan fermentasi dalam pola makan kita. Makanan fermentasi mengandung probiotik alami, yang merupakan mikroorganisme yang bermanfaat bagi kesehatan usus.

Yuk cek 5 makanan fermentasi yang baik untuk menjaga kesehatan usus!

Yogurt

5 Makanan Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Usus
Foto: Yogurt (freepik.com photo by jcomp)

Yogurt adalah salah satu sumber probiotik paling populer. Dibuat dengan menggumpalkan susu dengan bakteri baik, seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium, yogurt mengandung bakteri asam laktat yang bermanfaat bagi pencernaan. Probiotik dalam yogurt membantu menjaga keseimbangan mikroorganisme dalam usus, yang merupakan faktor kunci dalam menjaga sistem pencernaan yang sehat. Pastikan Anda memilih yogurt tanpa tambahan gula untuk mendapatkan manfaat kesehatan usus yang maksimal.

Kimchi

5 Makanan Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Usus
Foto: Kimchi (freepik.com photo by jcomp)

Kimchi adalah makanan fermentasi khas Korea yang terbuat dari sayuran, seperti sawi putih, cabai merah, dan bawang putih, yang difermentasi dengan garam dan rempah-rempah. Kimchi mengandung berbagai bakteri baik, seperti Lactobacillus kimchii, yang dapat membantu menjaga kesehatan usus. Selain itu, kimchi juga kaya akan vitamin dan serat, yang membuatnya menjadi makanan yang sangat bergizi.

Tempe

5 Makanan Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Usus
Foto: Tempe (Photo by Ella Olsson on Unsplash)

Tempe merupakan makanan fermentasi asal Indonesia yang terbuat dari kedelai yang difermentasi dengan jamur Rhizopus. Tempe merupakan sumber protein nabati yang baik dan mengandung probiotik yang membantu memperbaiki keseimbangan flora usus. Selain itu, tempeh juga kaya akan zat besi, kalsium, dan serat.

Kombucha

5 Makanan Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Usus
Foto: Kombucha (freepik.com)

Dalam beberapa waktu belakangan ini, Kombucha menjadi salah satu minuman populer di kalangan masyarakat. Kombucha adalah minuman fermentasi yang terbuat dari teh hitam atau teh hijau yang difermentasi dengan gula, dan SCOBY (symbiotic culture of bacteria and yeast). Minuman ini mengandung probiotik, enzim, dan asam amino yang dapat membantu menciptakan lingkungan usus yang sehat. Kombucha juga dikenal memiliki sifat detoksifikasi dan anti-inflamasi.

Miso

5 Makanan Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Usus
Foto: Miso Soup (freepik.com)

Miso adalah pasta fermentasi Jepang yang terbuat dari kedelai, gandum, atau beras yang difermentasi dengan jamur Aspergillus oryzae. Miso digunakan dalam berbagai hidangan, seperti sup miso. Miso mengandung bakteri baik, seperti Bifidobacterium dan Lactobacillus, serta enzim yang bermanfaat bagi pencernaan. Selain itu, miso juga merupakan sumber protein nabati yang baik.

Dengan mengonsumsi makanan fermentasi ini secara teratur,  dapat membantu menjaga keseimbangan mikroorganisme dalam usus yang berkontribusi pada kesehatan pencernaan yang baik dan juga mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Namun, penting untuk tetap menjaga keseimbangan dengan pola makan yang seimbang dan sehat secara keseluruhan. Bersamaan dengan makanan fermentasi, perkaya diet dengan makanan kaya serat dan menjaga asupan cairan, karena itu juga penting untuk kesehatan usus yang optimal.

[nadira]

 
Related News
Popular News
 

News Topic