tech

5 Rekomendasi Aplikasi Meditasi untuk Bantu Gangguan Kecemasan

Penulis Nadira Sekar
Sep 25, 2023
Foto: Aplikasi Headspace (dok. Headspace)
Foto: Aplikasi Headspace (dok. Headspace)

ThePhrase.id - Kecemasan adalah salah satu masalah kesehatan mental yang semakin umum terjadi di seluruh dunia. Tidak hanya memengaruhi kesejahteraan mental, kecemasan juga dapat berdampak negatif pada kualitas hidup seseorang. 

Untungnya, ada berbagai cara untuk mengatasi gangguan kecemasan, dan salah satu metode yang telah terbukti efektif adalah meditasi. Meditasi telah terbukti membantu mengurangi tingkat kecemasan, meningkatkan fokus, dan meredakan stres.

Di era digital ini, aplikasi meditasi dapat menjadi sahabat terbaik Anda dalam mengatasi gangguan kecemasan. Berikut adalah lima rekomendasi aplikasi meditasi yang dapat membantu Anda menghadapi tantangan kecemasan tersebut.

Headspace

5 Rekomendasi Aplikasi Meditasi untuk Bantu Gangguan Kecemasan
Foto: Aplikasi Headspace (dok. Headspace)

Headspace merupakan salah satu aplikasi meditasi yang paling populer di dunia. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, aplikasi ini menawarkan berbagai latihan meditasi yang dirancang khusus untuk mengatasi kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan fokus, dan banyak manfaat lainnya. Headspace juga menyediakan program-program meditasi yang dipandu oleh para ahli, sehingga Anda akan mendapatkan panduan yang berkualitas.

Headspace menawarkan uji coba gratis selama 14 hari. Setelahnya, biayanya sekitar $70 per tahun atau $13 per bulan.

Calm

5 Rekomendasi Aplikasi Meditasi untuk Bantu Gangguan Kecemasan
Foto: Aplikasi Calm (play.google.com)

Calm adalah aplikasi meditasi yang mengkhususkan diri dalam membantu pengguna meredakan stres dan kecemasan. Aplikasi ini menyajikan meditasi harian, latihan pernapasan, serta suara-suara alam yang menenangkan. Selain itu, Calm juga memiliki program tidur yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang berkualitas, sesuatu yang seringkali sulit bagi mereka yang menderita kecemasan.

Calm menawarkan uji coba gratis selama 7 hari. Setelahnya, biayanya sekitar $15 per bulan atau $70 per tahun.

Breethe

5 Rekomendasi Aplikasi Meditasi untuk Bantu Gangguan Kecemasan
Foto: Aplikasi Breethe (play.google.com)

Breethe adalah aplikasi meditasi yang cocok untuk pemula maupun pengguna yang lebih berpengalaman. Dengan berbagai program meditasi yang mencakup topik seperti kecemasan, stres, dan tidur, Breethe dapat membantu Anda menemukan kedamaian dalam diri sendiri.

Setelah masa uji coba gratis selama 14 hari, biaya penggunaan aplikasi Breethe adalah sekitar $12.99 per bulan.

buddhify

5 Rekomendasi Aplikasi Meditasi untuk Bantu Gangguan Kecemasan
Foto: Aplikasi buddhify (dok. buddhify)

Dengan lebih dari 200 sesi meditasi, aplikasi buddhify mengajarkan Anda cara mengurangi kecemasan dan stres, meningkatkan kualitas tidur, serta mengelola emosi. Anda dapat berlatih latihan kesadaran dengan berbagai kategori yang sesuai dengan aktivitas seperti saat bepergian, bekerja, bangun tidur, makan, atau bahkan saat berselancar online. Durasi sesi meditasi bervariasi antara 3 hingga 40 menit, menjadikannya pilihan yang cocok baik untuk pemula maupun praktisi berpengalaman. 

Anda perlu membayar sekitar Rp57.000 untuk menggunakan Buddhify.

Simple Habit

5 Rekomendasi Aplikasi Meditasi untuk Bantu Gangguan Kecemasan
Foto: Aplikasi Simple Habit (play.google.com)

Membiasakan diri untuk meditasi harian tidak perlu terasa sulit. Aplikasi ini menyediakan berbagai latihan selama 5 menit untuk membantu Anda menjadikan meditasi sebagai kebiasaan yang konsisten. Pernah ditampilkan di acara Shark Tank pada tahun 2017, aplikasi ini memiliki basis data yang terus berkembang dengan beragam meditasi untuk setiap waktu dalam sehari, situasi pribadi, dan tujuan meditasi Anda.

Akses ke sebagian besar sesi meditasi di Simple Habit gratis. Namun, jika Anda ingin mengunduh meditasi dan mengakses semua kontennya, tersedia dengan biaya sekitar $12 per bulan, $90 per tahun, atau $300 untuk akses seumur hidup.

[nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic