lifestyle

5 Tradisi Unik Perayaan Valentine di Seluruh Dunia

Penulis Nadira Sekar
Feb 11, 2024
Foto: Ilustrasi Perayaan Valentine (freepik.com)
Foto: Ilustrasi Perayaan Valentine (freepik.com)

ThePhrase.id - Perayaan Valentine atau Hari Kasih Sayang menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh banyak masyarakat di seluruh dunia. Meskipun seringkali diidentikkan dengan pemberian cokelat, ternyata cara perayaan ini beragam di setiap negara, dengan tradisi-tradisi unik yang memberikan warna tersendiri pada Hari Kasih Sayang.

Yuk simak 5 tradisi unik perayaan Valentine di seluruh dunia!

Denmark: Bunga Putih dan Permainan Tebak-Tebakan

Di Denmark, orang-orang secara tradisional bertukar bunga putih yang dipadatkan yang disebut snowdrops sebagai pengganti buket segar. Selain itu, ada juga tradisi untuk mengirimkan "surat puisi lelucon" kepada orang yang mereka sukai yang disebut gaekkebrev.

Puisi atau pantun ini ditandatangani hanya dengan titik-titik, sehingga penerima harus menebak siapa pengirimnya. Jika mereka menebak dengan benar, pengirim akan berhutang kepada mereka telur cokelat Paskah pada musim semi nanti.

Korea Selatan dan Jepang: Memanjakan Pria

Di Korea Selatan dan Jepang, pria menjadi pusat perhatian! Saat Valentine, wanita membeli cokelat untuk pasangan pria mereka, anggota keluarga, dan rekan kerja sebagai tanda kasih sayang dan penghargaan. Tapi jangan khawatir, wanita akan mendapatkan balasan sebulan kemudian. Pada tanggal 14 Maret, dikenal sebagai Hari Putih, pria membalasnya dengan kue, permen, dan bunga.

Slovenia: Memerhatikan Burung

Hari Valentine di Slovenia bertepatan dengan awal perayaan musim semi. Pada Gregorjevo, ketika bunga-bunga mekar dan burung-burung menyanyikan lagu, wanita didorong untuk ke luar dan melihat ke langit untuk mendapatkan jawaban. Dipercayai bahwa burung pertama yang mereka lihat akan memberi tahu mereka seperti apa calon suami mereka.

Filipina: Pernikahan Massal

Di Filipina, Hari Valentine sering menjadi waktu yang dipilih ribuan pasangan yang ingin menikah. Pemerintah daerah sering mengadakan acara "mass wedding" di mana pasangan-pasangan ini bisa menikah secara kolektif. Ini adalah cara untuk mengurangi biaya pernikahan dan memungkinkan pasangan dari latar belakang ekonomi yang berbeda untuk merayakan cinta mereka.

Estonia: Selebrasi Persahabatan

Di Estonia, Hari Valentine dirayakan dengan fokus yang berbeda, yaitu untuk merayakan persahabatan daripada cinta romantis. Selama Sōbrapäev, orang-orang Estonia menghargai hubungan persahabatan mereka dengan bertukar kartu dan hadiah dengan teman-teman mereka. Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk mengekspresikan kasih sayang dan apresiasi mereka terhadap teman-teman dekat mereka.

Dalam perayaan ini, orang-orang Estonia juga bisa menghabiskan waktu bersama teman-teman mereka dalam acara-acara khusus atau hanya berkumpul untuk merayakan kebersamaan. 

Itu dia beberapa tradisi unik yang dilakukan di seluruh dunia untuk merayakan Valentine. Menarik bukan?

[nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic