lifestyle

6 Cara Mencegah Baju Berbau Apek Saat Musim Hujan

Penulis Nadira Sekar
Jan 14, 2024
Foto: Ilustrasi Baju Berbau Apek (freepik.com photo by jcomp)
Foto: Ilustrasi Baju Berbau Apek (freepik.com photo by jcomp)

ThePhrase.id - Musim hujan sering membuat pakaian sulit kering dan rentan terhadap bau apek. Kelembaban tinggi dan kurangnya sinar matahari menjadi pemicu utama bau tidak sedap pada pakaian.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah bau tersebut agar pakaian tetap harum sepanjang musim hujan. Berikut adalah 6 cara efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah baju berbau apek saat musim hujan. 

Pastikan mesin cuci dalam keadaan bersih

Kotoran, bakteri, dan jamur yang menumpuk pada mesin cuci dapat menghasilkan bau apek pada pakaian. Oleh karena itu, periksa secara rutin kebersihan mesin cuci Anda. Jika terdapat kotoran yang menumpuk pada mesin cuci, gunakan cuka atau soda kue untuk membersihkannya setelah selesai mencuci pakaian.

Gunakan Pelembut Pakaian

Tambahkan pelembut pakaian saat mencuci untuk membantu menjaga kesegaran pakaian. Pelembut pakaian tidak hanya memberikan aroma yang menyenangkan, tetapi juga membantu mengurangi bau apek yang mungkin muncul akibat kelembaban.

Menambahkan Cuka atau Soda Kue saat Mencuci Pakaian 

Cuka atau soda kue dapat digunakan untuk mengatasi baju berbau apek saat musim hujan. Kedua bahan ini terkenal dapat membantu menghilangkan noda dan bau yang melekat pada pakaian. Caranya, tambahkan beberapa tetes cuka atau soda kue ke dalam air yang digunakan untuk membilas pakaian.

Pakai hanger untuk menjemur baju

Menggunakan gantungan saat menjemur pakaian adalah cara efektif untuk mencegah atau menghilangkan bau apek pada pakaian saat musim hujan. Pasalnya, menjemur pakaian langsung di atas besi jemuran cenderung membuat bagian dalam lipatan pakaian menjadi lembab.

Selain itu, penting untuk merenggangkan jarak antara setiap gantungan saat menjemur agar semua bagian pakaian mendapatkan angin dan terhindar dari bau apek.

Pastikan Pakaian Kering Seutuhnya Sebelum Disimpan

Sebelum menyimpan pakaian, pastikan pakaian telah kering sepenuhnya. Pakaian yang masih lembab dapat menjadi tempat bagi pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan bau apek. Gunakan sinar matahari langsung atau pengering pakaian untuk memastikan kekeringan pakaian.

Gunakan Kapur Barus atau Kapur Wangi

Tempatkan kapur barus atau kapur wangi di dalam lemari atau laci tempat Anda menyimpan pakaian. Bahan-bahan ini mampu menyerap kelembaban dan menjaga kesegaran aroma pada pakaian, mencegahnya dari bau apek.

[nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic