ThePhrase.id – Terkadang di kantor ada begitu banyak rekan kerja yang mempunyai kemampuan yang istimewa. Hal ini tak jarang dapat membuat seseorang merasa minder, sebab dirinya merasa bahwa kemampuannya berada di bawah rekan kerjanya tersebut.
Selain dapat membuat mental seseorang jatuh, rasa minder juga rupanya bisa membuat kinerja seseorang menurun loh.
Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar bisa terbebas dari rasa minder di tempat kerja seperti berikut ini:
Jalin pertemanan dengan rekan kerja suportif
Ilustrasi berteman dengan rekan kerja suportif (Foto: Halodoc)
Berteman dengan rekan kerja yang suportif hampir sama maknanya dengan menciptakan positive vibes dalam hidupmu, sebab biasanya mereka akan menyemangati, menambah kepercayaan diri, serta memberikan solusi di saat kamu sedang minder atau merasa putus asa.
2. Ingat, kamu direkrut karena dirimu hebat
Ilustrasi diterima kerja (Foto: maucash.id)
Cobalah mengingat masa lalu ketika kamu diterima bekerja. Di antara banyaknya para pelamar yang mendaftar, kamulah yang dipilih dan dipercaya untuk bekerja di perusahaan tempatmu bekerja sekarang.
Hal ini menandakan bahwa kamu mempunyai potensi spesial yang tidak dimiliki oleh para pelamar tersebut.
3. Perhatikan penampilan
Ilustrasi memperbaiki penampilan kerja
Beberapa studi mengatakan bahwa dengan memakai pakaian/outfit yang rapi dan menarik, biasanya seseorang akan lebih dihargai oleh orang-orang di sekitarnya, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri.
Orang yang berpenampilan baik bisa menandakan bahwa orang tersebut merupakan pribadi yang elegan, teratur, dan teliti, memperhatikan detail dari hal-hal kecil.
4. Cari tahu kelebihan/potensi spesial
Ilustrasi menemukan kelebihan / potensi diri
Rasa minder biasanya membuat dirimu merasa rendah diri, sebab akan merasa bahwa kamu tidak mempunyai kelebihan di antara orang-orang di sekitarmu.
Namun jika kamu bisa mengetahui kelebihan atau potensi special yang tidak dimiliki kamu bisa tahu bahwa sebenarnya dirimu itu spesial. Bahkan jika kamu menunjukkan potensi tersebut di tempat kerja, maka rasa percaya dirimu dijamin akan meningkat dan dirimu pun tidak akan merasa minder lagi.
5. Susun daftar prestasi yang pernah kamu capai
Ilustrasi menyusun daftar prestasi diri
Jika rasa mindermu disebabkan oleh kegagalan yang pernah kamu lakukan di tempat kerja, maka cobalah untuk mulai membuat daftar prestasi atau keberhasilan yang pernah kamu capai dalam hidupmu.
Sebab hal ini akan memotivasimu untuk mencapai target yang lebih baik lagi, dan kamu pun tidak akan mengingat kembali kegagalan tersebut, sehingga rasa mindermu akan hilang, dan kinerjamu akan meningkat.
6. Jadikan kelebihan orang lain sebagai motivasi
Ilustrasi meningkatkan motivasi diri (Foto: Lifepal)
Rasa minder seringkali datang karena diri kita kerap membandingkan diri sendiri dengan kelebihan orang lain.
Namun jika kamu bisa menjadikan kelebihan orang lain sebagai motivasi untuk memperbaiki diri, maka hal tersebut justru akan membuat potensi dirimu semakin berkembang, dan kualitas dirimu pun semakin meningkat.
Itulah dia cara mengatasi rasa minder di tempat kerja. Semoga membantu! [hc]