etc

7 Kebiasaan Sepele yang Menghambat Jenjang Karir

Penulis Haifa C
Apr 06, 2022
7 Kebiasaan Sepele yang Menghambat Jenjang Karir
ThePhrase.id – Peningkatan jenjang karir seperti naik jabatan merupakan impian bagi semua karyawan. Namun sayangnya hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan walau diri sendiri terkadang merasa telah bekerja keras.

Ada sejumlah kebiasaan yang bisa menghambat jenjang karir, yang kerap dianggap sepele oleh banyak orang seperti berikut ini.

1) Kecanduan media sosial


Ilustrasi bermain media sosial saat sedang bekerja (Foto: dok. Indy 100)


Hal ini dapat membuat seseorang terus mengecek media sosialnya selama beberapa menit sekali saat bekerja yang dapat membuat fokus terganggu dan pada akhirnya pekerjaan yang ada pun tidak kunjung selesai.

Sejumlah perusahaan telah melakukan pemantauan terhadap keaktifan karyawannya dalam menggunakan media sosial, sehingga karyawan yang kecanduan bisa ditandai oleh perusahaan.

2) Sering terlambat


Ilustrasi terlambat kerja (Foto: penulispro.net)


Sering terlambat menunjukkan ketidak disiplinan pada pribadi seseorang, sehingga ia tidak akan dipercaya untuk memperoleh kenaikan jabatan. Oleh sebab itu, cobalah untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi agar terhindar dari macetnya jalanan agar terhindar dari hal ini.

3) Menunda pekerjaan


Ilustrasi menunda pekerjaan (Foto: kerjaimpian.com)


Mengerjakan sesuatu saat mendekati deadline dapat membuat pekerjaan menumpuk dan tidak selesai tepat waktu, yang dapat membuat atasanmu tidak percaya dengan kemampuan bekerjamu.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk menyicil pekerjaan ketika sedang memiliki waktu luang saat di kantor.

4) Bersikap pasif


Ilustrasi bersikap pasif dan malas saat rapat (Foto: Thinkstock)


Beberapa hal yang membuat seseorang bersikap pasif biasanya yaitu karena rasa malas atau cenderung kurang mengerti dalam menghadapi persoalan atau tugas yang ada, sehingga menyebabkan orang tersebut selalu diam dan tidak mau menyampaikan ide-ide baru.

Cobalah untuk mulai aktif menyampaikan pendapat atau ide ketika perusahaan tengah menghadapi persoalan agar atasan bisa melihat potensi kreatif yang ada pada dirimu, sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk menjabat di posisi yang lebih tinggi.

5) Selalu mengeluh


Ilustrasi mengeluh saat bekerja (Foto: 123RF)


Orang yang kerap mengeluh biasanya hanya fokus pada kesulitan yang dialami, ketimbang mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut sehingga tantangan dalam bekerja tidak akan bisa terselesaikan. Oleh sebab itu, mulailah untuk lebhi fokus dalam mencari solusi dan mulai hentikan kebiasaan buruk ini.

6) Kurang koordinasi dan komunikasi


Ilustrasi terjadinya miskomunikasi (Foto: tipspengembangandiri.com)


Koordinasi dan komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting di dunia kerja agar miskomunikasi yang dapat membuat pekerjaan menjadi berantakan tidak terjadi.

7) Kurang menjaga kebersihan


Ilustrasi kurang menjaga kebersihan di kantor (Foto: Jovee)


Seseorang yang berpenampilan kurang bersih dan cenderung bau dapat membuat orang lain di sekitarnya merasa kurang nyaman dan bahkan merasa kesal, termasuk atasan.

Oleh sebab itu, usahakan agar jangan pernah lupa untuk rutin mencuci pakaian kerja serta mandi dan menggosok gigi sebelum berangkat kerja, meskipun sedang terburu-buru.

Itulah dia 7 hal yang bisa menghambat jenjang karir dalam bekerja. Yuk segera perbaiki diri dan hindari hal-hal tersebut untuk karir yang lebih baik. [hc]

Tags Terkait

-

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic