e-biz

8 Produk Pro-Israel Ini Kena Boikot Warga Dunia, Apa Aja?

Penulis Firda Ayu
Oct 26, 2023
(Foto: upload.wikimedia.org/upload.wikimedia.org/sabra.com)
(Foto: upload.wikimedia.org/upload.wikimedia.org/sabra.com)

ThePhrase.id - Seiring dengan makin memanasnya konfik antara Israel dan Palestina, popularitas gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) semakin meningkat di beberapa negara. 

BDS Movement sendiri merupakan gerakan kebebasan, keadilan, dan kesetaraan yang dipimpin oleh Palestina untuk memperjuangkan bahwa warga Palestina berhak atas hak yang sama seperti umat manusia lainnya.

Dilansir CNBC, BDS Movement berpotensi menghasilkan kerugian hingga US$11,5 miliar atau sekitar Rp180,35 triliun (asumsi kurs Rp15.683/US$) per tahun bagi Israel serta membuat eksportir Israel kesulitan untuk mengekspor produk mereka.

BDS berusaha untuk memberikan tekanan ekonomi kepada Israel agar memberikan hak setara bagi Palestina. Lantas, produk-produk apa saja yang diboikot melalui BDS Movement ini?

HP

8 Produk Pro Israel Ini Kena Boikot Warga Dunia  Apa Aja
(Foto: upload.wikimedia.org)

BDS Movement menyebut bahwa HP memainkan peran penting terhadap penindasan Israel terhadap Palestina. HP terlibat dalam penyediaan perangkat keras komputer untuk tentara Israel hingga pemeliharaan pusat data melalui server mereka untuk polisi Israel.

“Mereka menyediakan server Itanium untuk mengoperasikan Sistem Aviv, database komputerisasi Otoritas Kependudukan dan Imigrasi Israel. Hal ini menjadi tulang punggung segregasi rasial dan apartheid di Israel,” ungkap BDS menjelaskan keterlibatan HP.

Siemens

8 Produk Pro Israel Ini Kena Boikot Warga Dunia  Apa Aja
(Foto: assets.new.siemens.com) 

Siemens disebut DBS terlibat dalam usaha ilegal apartheid Israel melalui rencana pembangunan EuroAsia Interconnector di permukiman. 

EuroAsia Interconnector rencananya akan menghubungkan jaringan listrik Israel dengan jaringan listrik Eropa. Hal ini memungkinkan pemukiman ilegal di tanah Palestina dicuri untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan listrik antara Israel dan Uni Eropa yang dihasilkan dari gas fosil.

AXA

8 Produk Pro Israel Ini Kena Boikot Warga Dunia  Apa Aja
(Foto: upload.wikimedia.org)

Perusahaan asuransi ternama satu ini juga disebut berinvestasi pada bank-bank Israel yang sangat terlibat dalam pembangunan pemukiman ilegal Israel di tanah Palestina yang diduduki. AXA juga terlibat dengan Elbit Systems, produsen senjata terkemuka Israel yang memfasilitasi kejahatan perang Israel terhadap warga Palestina.

AXA, melalui anak perusahaannya AXA Investment Managers (AXA IM) dan AXA Equitable Holding (AXA EHQ) juga diketahui memiliki saham pada beberapa bank Israel, yaitu Bank Hapoalim, Bank Leumi, First International Bank of Israel, Israel Discount Bank, dan Mizrahi Tefahot Bank.

Puma

8 Produk Pro Israel Ini Kena Boikot Warga Dunia  Apa Aja
(Foto: images.puma.net)

Puma yang merupakan salah satu produsen pakaian olahraga terkemuka dunia juga merupakan salah satu produk yang diboikot. Hal ini karena Puma diketahui menjadi sponsor utama dari Israel Football Association atau IFA.

“Dukungan Puma terhadap IFA secara langsung mendukung keterlibatan dalam pelanggaran hak asasi manusia dan hukum internasional, sehingga memungkinkan rezim pemukiman Israel untuk terus berkembang,” ungkap BDS Movement.

Buah dan Sayur dari Israel

Buah, sayur, hingga anggur atau wine dari Israel sering diberi label sebagai “Produce in Israel” atau “Produksi di Israel”. Hal ini disebut BDS menyesatkan karena produk-produk tersebut diambil dari tanah Palestina yang dicuri.

“Boikot semua produk dari Israel di supermarket kalian dan minta agar produk tersebut dikeluarkan dari rak supermarket,” jelas BDS Movement.

SodaStream

8 Produk Pro Israel Ini Kena Boikot Warga Dunia  Apa Aja
(Foto: upload.wikimedia.org)

Soda Steam secara aktif terlibat dalam kebijakan Israel yang menggusur warga asli Palestina suku Bedouin di Naqab (Negev). BDS Movement juga menyebut bahwa perusahaan mesin pembuat soda atau minuman air berkarbonasi sendiri di rumah dengan atau SodaStream ini memiliki sejarah panjang penganiayaan dan diskriminasi terhadap pekerja Palestina.

Ahava

Ahava merupakan salah satu merek produk kecantikan yang dijual di sejumlah negara yang juga masuk dalam daftar boikot BDS Movement. Ahava Cosmetics disebut memiliki situs produksi, pusat kunjungan, dan toko utama di pemukiman ilegal Israel.

Sabra 

8 Produk Pro Israel Ini Kena Boikot Warga Dunia  Apa Aja
(Foto: sabra.com)

Sabra merupakan perusahaan hummus yang ternyata adalah usaha patungan antara PepsiCo dan Strauss Group. Sabra juga disebut oleh BDS Movement sebagai perusahaan makanan Israel yang memberikan dukungan keuangan kepada tentara Israel.

Itu dia berbagai produk yang harus diboikot warga dunia menurut BDS Movement, ada yang kamu miliki? [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic