9 Rekomendasi Olahan Tempe Biar Gak Melulu Digoreng!

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti menyukai tempe. Bagaimana tidak? Tempe termasuk makanan asli Indonesia dan menjadi makanan sehari-hari. Umumnya, tempe dikonsumsi dengan digoreng, tetapi terdapat banyak olahan tempe yang dapat dicoba, loh!

Disajikan dan dikonsumsi dengan cara digoreng terkadang membuat orang merasa bosan dengan tempe. Terlebih lagi apabila dikonsumsi dengan skala yang cukup sering, seperti beberapa kali dalam satu minggu.

Nah, agar tidak bosan, yuk coba kreasikan tempe! Terdapat berbagai olahan yang dapat dicoba, loh!

1. Tempe bacem

Tempe bacem. (Foto: ptbamboe.com)

Meski merupakan menu basic, tetapi tempe bacem bisa menjadi pilihan kreasi selingan dalam satu minggu, nih. Apalagi bagi kamu yang menyukai makanan manis, karena tempe bacem memiliki rasa yang manis berkat bahan seperti gula merah.

2. Tempe orek

Tempe orek. (Foto: bango.co.id)

Nah, olahan tempe satu ini biasanya ditemukan di warteg atau pilihan menu prasmanan pada sebuah rumah makan. Tapi, kamu juga bisa membuatnya di rumah, loh! Cukup potong tempe kecil-kecil atau panjang-panjang lalu goreng hingga kering. Setelah kering atau setengah kering, campur dengan bumbu cabai dan kecap.

3. Tempe mendoan

Tempe mendoan. (Foto: Instagram/resepmakananspesial)

Daripada tempe yang digoreng begitu saja, coba varian tempe mendoan yang digoreng dengan tepung! Tempenya yang dipotong tipis serta tepung yang tidak sepenuhnya kering membuat cita rasa semakin kuat, ditambah lagi dengan rasanya yang menggugah selera.

4. Tempe nugget

Tempe nugget. (Foto: selerasa.com)

Untuk kamu yang bosan mengkonsumsi nugget ayam, bisa banget nih mencoba nugget yang terbuat dari tempe! Cara membuatnya pun yang tak sulit. Cukup merebus tempe, kemudian hancurkan hingga halus, campur dengan bumbu dan bahan lain seperti tepung, daun bawang, wortel, keju, lada, garam, kaldu bubuk, hingga ketumbar, kemudian bentuk sesuai keinginan. Saat sudah terbentuk, kukus tempe nugget dan setelah matang, celupkan pada adonan basah tepung dan tepung roti kemudian goreng.

5. Tempe penyet

Tempe penyet. (Foto: resepkoki.id)

Tak hanya ayam saja yang bisa dipenyet! Tempe penyet juga bisa menjadi pilihan olahan yang tak kalah sedap dan bergizi. Cukup siapkan bahan-bahan untuk membuat sambal favoritmu dalam cobek, ulek semua bahan, dan masukkan tempe goreng utuh atau yang sudah dihancurkan ke cobek untuk digeprek.

6. Tempe perkedel

Perkedel tempe. (Foto: cookpad.com oleh dewialwie)

Tak melulu dari kentang, perkedel juga dapat dibuat dengan bahan dasar tempe! Cukup kukus dan haluskan tempe, campur dengan bahan-bahan seperti telur, tepung terigu, bawang putih, daun bawang, ketumbar, merica, dan garam, kemudian bentuk sesuai selera dan goreng.

7. Tempe mendol

Tempe mendol. (Foto: detikFood)

Resep satu ini mungkin kurang familier bagi sebagian orang, tetapi dijamin bikin ketagihan! Tempe mendol adalah makanan khas Malang, Jawa Timur yang rasanya sedikit pedas dengan aroma kencur yang segar. Cocok banget nih untuk kamu yang doyan rasa pedas dan rasa kencur.

8. Sate tempe

Sate tempe. (Foto: Instagram/initempeid dari @nikanasution)

Jika sudah bosan makan sate ayam melulu, mengkreasikan tempemu menjadi sate tak ada salahnya. Untuk bumbunya cukup subjektif, sesuai selera. Tetapi bahan yang pasti dibutuhkan adalah kecap manis. Kamu juga dapat mengkonsumsinya dengan bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

9. Burger tempe

Burger tempe. (Foto: Instagram/initempeid)

Punya roti burger tapi sedang tak ada stok daging? Kamu bisa ganti daging dengan tempe loh! Selain sebagai alternatif daging di rumah, ternyata burger tempe juga banyak diincar oleh para vegetarian yang masih ingin mengkonsumsi burger, tetapi dengan pilihan tanpa daging hewan.

Itu dia beberapa olahan tempe yang dapat dikreasikan di rumah. Pada dasarnya, kamu dapat uji coba bahan dasar tempe menjadi berbagai macam makanan dengan berbagai macam bumbu dan bahan ya! [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you