sport

AFC Gelar eAsian Cup pas Piala Asia 2023, Timnas E-Sports Indonesia Ikut?

Penulis Rangga Bijak Aditya
Dec 09, 2023
AFC akan menggelar turnamen e-sports untuk kali pertama, bersamaan dengan penyelenggaraan Piala Asia Qatar 2023 pada Januari-Februari mendatang (Foto: AFC)
AFC akan menggelar turnamen e-sports untuk kali pertama, bersamaan dengan penyelenggaraan Piala Asia Qatar 2023 pada Januari-Februari mendatang (Foto: AFC)

ThePhrase.id - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akan menggelar eAsian Cup untuk kali pertama. Ajang ini bakal dibarengkan dengan penyelenggaraan Piala Asia 2023 di Qatar.

Piala Asia tahun ini digelar pada Januari-Februari 2024. Maka eAsian Cup edisi pertama digulirkan pada 1-5 Februari 2024

AFC menyadari perkembangan e-sports makin meluas ke banyak negara. Termasuk anggota dari AFC, sehingga perlu ada kejuaraan tersendiri untuk menampung minat dan bakat di sepak bola elektronik.

“AFC ingin terlibat lebih jauh dengan generasi baru penggemar sepak bola. Terutama dalam bidang olahraga dengan teknologi mutakhir,” begitu pengumuman dari AFC, Jumat (8/12/2023).

AFC eAsian Cup tidak hanya merambah dimensi futuristik. Teknologi canggih yang ada di Qatar juga akan dimasukkan ke dalam aspek penyelenggaraan.

“AFC ingin menjadi cermin pendekatan proaktif dalam merangkul inovasi. Ini supaya bisa memberi pengalaman khas sepak bola secara keseluruhan,” tambah pernyataan AFC.

Rencana eAsian Cup 2023 diselenggarakan di Doha, ibu kota Qatar. Ajang ini akan menampilkan 20 asosiasi anggota AFC.

Mereka akan berkompetisi dengan memakai tim nasional yang bertanding di Piala Asia 2023.  Pesta sepak bola Asia nanti tepatnya berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

AFC eAsian Cup menjanjikan kontribusi yang signifikan terhadap suasana kemeriahan di turnamen yang nyata. Ini sebagai komitmen AFC untuk menciptakan komunitas sepak bola yang dinamis dan inklusif di seluruh dunia.

Indonesia Ikut Serta?

Disebutkan AFC ada 20 tim yang akan bertanding di eAsian Cup 2023, Februari mendatang. Lantas apakah ada tim dari Indonesia yang ikut serta?

AFC dalam rilis yang diterbitkan kemarin belum mengungkapkan daftar tim peserta. Maka belum diketahui apakah tim dari Indonesia ikut atau tidak.

Namun Indonesia sudah memiliki timnas e-sports. Mereka kerap bertanding di berbagai ajang internasional.

PSSI juga belum menyampaikan pernyataan tentang keikutsertaan Indonesia di eAsian Cup mendatang. Meski begitu tetap ada kemungkinan tim dari Indonesia akan berpartisipasi.

Pastinya Timnas Indonesia akan berlaga di Piala Asia 2023. Indonesia ada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic