Aji Handoko, Bangkitkan Sepatu ‘Gaib’ Compass hingga Mendunia

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Para pecinta sneakers pasti sudah mengenal brand lokal Compass yang kerap disebut brand gaib karena sering habis terjual hingga disebut localpride oleh para pecinta sneakers dalam negeri.

Di balik merek Compass tersebut, ada sosok keren yang berhasil membawa Compass menuju kesuksesan. Ia adalah Aji Handoko Purbo, pria asal Jakarta yang lahir pada 1988. Dilansir Kumparan, Aji awalnya memulai karier dengan membuka usaha clothing line dan menjadi manager toko sepatu hingga ia mengenal banyak orang di industri sneakers.

Namun, namanya belum banyak dikenal publik sampai ia diminta untuk mendesain dan mengembangkan produk sepatu merek ARL milik Ariel Noah pada tahun 2012.

Aji Handoko (Foto: LinkedIn/AJI HANDOKO)

Dilansir correcto, Aji banyak mencoba menjalin kerja sama dengan pabrik sepatu, sayangnya, banyak yang menolak tawaran kerja sama ini karena ia masih dianggap pemula. Aji kemudian dikenalkan dengan Gunawan Kahar yang merupakan pemilik merek sepatu Compass yang bersedia mengembangkan sepatu ARL.

Kerja sama ini berlanjut hingga 2017 karena sepatu ARL dinilai berhasil. Gunawan kemudian menggaet Aji untuk menjadi Creative Director bagi sepatu Compass pada tahun 2017.

Pada saat itu, sepatu lokal yang telah ada sejak tahun 1998 ini hampir bangkrut karena kalah bersaing dengan berbagai produk sneakers impor. Berkat kerja sama Aji dan Gunawan ini, sepatu Compass berhasil dikembangkan dengan ide dan berbagai inovasi baru.

Aji Handoko (Foto: hypebeast.com)

Aji yang juga merupakan penggemar sepatu sejak kecil berhasil melakukan re-branding besar-besaran bagi lini sepatu Compass. Dilansir sneakers.co.id, Aji mulai mendesain ulang dan membangun strategi marketing baru untuk Compass dan mulai meraih popularitas hanya dalam waktu 1 tahun saja.

Kini, sepatu Compass dikenal tidak hanya dengan kualitasnya yang tinggi tetapi populer sebagai lambang gaya hidup dengan produk lokal atau local pride.

Aji memulai berbagai strategi marketing menarik mulai dari menggandeng sejumlah influencer dan sneakerheads atau pecinta sneakers hingga membuat sepatu dengan desain khusus dan unik yang hanya dijual dalam jumlah terbatas.

Aji Handoko (Foto: hypebeast.com)

Seperti kolaborasi dengan Bryant Notodihardjo yang merupakan influencer sekaligus social media manager L.O.C melalui sepatu Compass Bravo 001. Tak hanya itu, Aji juga pernah mendesain sepatu bergambar sosok legendaris Nyi Roro Kidul yang merupakan kolaborasi unik dengan Unkl347.

Berkat kreatifitas dan pendekatannya yang unik Compass mulai memiliki penggemar, bahkan dalam Urban Sneaker Society 2019, antrian peminat sepatu ini membludak. Dilansir mainbasket.com, Aji mengungkap bahwa ia ingin menciptakan sepatu Compas yang kaya akan cerita dari para pemakainya sendiri.

Aji juga berhasil membawa nama sepatu Compas mendunia melalui berbagai kolaborasi dengan Tame Impala hingga Boy Pablo. Aji mengungkap visinya agar terus membawa Compass menjadi lebih baik dan memberikan inspirasi ke banyak orang.

“Saya ingin mengenalkan budaya Indonesia yang berasal dari perilaku dan karakter rakyatnya sendiri. Supaya nantinya para pengguna sepatu Compass memiliki kebanggaan tersendiri dapat mengenakan sepatu merek lokal yang penuh cerita,” ungkap Aji dilansir greatmind.id. [fa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you