Aksi Peduli Lingkungan Viral, Pandawara Group Jadi Penggerak

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Akhir-akhir ini video lima pemuda membersihkan sampah dari kali, sungai ataupun selokan menjadi sorotan publik. Mereka adalah Pandawara Group asal Bandung yang merupakan kelompok peduli lingkungan dengan tujuan yang sama yaitu mengurangi sampah dan menjaga lingkungan.

Pandawara Group terdiri dari lima pemuda, dilansir dari Kompas.com, yaitu Rafly Pasya (22), Agung Permana (22), Rifki Sa’dulah (22), Muchamad Ikhsan (21), dan Gilang Rahma (22).

Kelompok ini mulai viral dengan video membersihkan sampahnya melalui platform Instagram dan TikTok. Awal mula kelompok yang terbentuk sejak duduk di bangku SMA ini tergerak untuk melakukan aksi membersihkan sampah karena keresahaan yang mereka rasakan.

@pandawaragroup

bendungannya dipake bendung air ya bukan sampah. #pandawara #onedayonetrashbag

♬ Welcome To The Jungle – Guns N’ Roses

Sebab rumah mereka yang terletak di Bandung Selatan kerap terkena banjir, yang disebabkan oleh sampah menumpuk mengakibatkan sungai meluap setiap hujan turun.

“Awalnya memang kita kebetulan merasakan juga banjir. Rumah kita memang rawan banjir setiap hujan sungai langsung meluap,” jelas Gilang dalam acara Tonight Show, Sabtu (21/1).

Mereka pun menjelaskan bahwa nama Pandawara diambil dari kata Pandawa yang artinya lima, karena kelompoknya yang beranggotakan lima orang. Lalu “wara” merupakan bahasa sunda yang memiliki arti kabar baik.

Meskipun baru saja viral belakang ini, ternayata Pandawara Group telah menjalankan gerakan peduli lingkungan ini sejak setahun lalu. Hanya saja, mereka mulai tampil di media sosial enam bulan yang lalu. Tujuannya agar dapat mempengaruhi masyarakat terutama anak muda agar tergerak melakukan movement nyata yang sama di daerah masing-masing.

Pandawara Group, dari kiri Pasya, Rifqi, Agung, Ikhsan dan Gilang. (Foto: Instagram/pandawaragroup)

Pandawara Group berharap dengan movement yang mereka lakukan dapat menciptakan tren peduli lingkungan yang baru melalui video yang diunggah melalui media sosial.

Melalui media sosial, khususnya Instagram @pandawaragroup, mengunggah laporan gerakan yang dilakukan sepanjang tahun 2022. Mereka mendapatkan total 27,066 Kg sampah dengan 2,511 trashbag dari membersihkan 78 kali, sungai, aliran kecil hingga selokan dan septic tank.

Aksi yang dilakukan kerap mendapatkan perhatian dari masyarakat termasuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Tak hanya itu, Pandawra Group juga telah menjadi inspirasi sebagian masyarakat untuk mulai aksi nyata menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah.

“Saya cerita tentang Pandawara kepada murid-murid saya karena kebetulan sedang pembelajaran mengenai climate change dan mereka sangat antusias sampai akhirnya ikut melakukan aksi nyata serupa. Kalian menginspirasi. Mari jadi inspirasi bagi yang lainnya juga,” tulis salah satu pengguna Instagram pada kolom komentar @pandawaragroup.

Gilang pun menyampaikan bahwa kelompok mereka sering mendapatkan pesan melalui media sosial. Pesan tersebut merupakan laporan dari  beberapa pemuda dari berbagai daerah seperti Surabaya, Yogyakarta, Jakarta hingga Aceh yang telah melakukan gerakan serupa dengan aksi Pandawara Group. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you