sport

Amarah Sumardji kepada Thomas Doll dan Bernardo Tavares

Penulis Rangga Bijak Aditya
Aug 11, 2023
(Foto: PSSI)
(Foto: PSSI)

ThePhrase.id - Amarah Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, meledak. Lelaki yang berpangkat Kombes Polisi itu geram terhadap pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll dan arsitek PSM Makassar, Bernardo Tavares.

Gara-garanya, Doll tidak melepas Rizky Ridho ke Timnas Indonesia U-23. Tavares juga menahan Dzaky Asraf dari panggilan Garuda Muda.

Nakhoda Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menyertakan 23 pemain untuk persiapan Piala AFF U-23 2023 yang digelar pada Kamis, 10 Agustus 2023 di Jakarta.

Akan tetapi, enam pemain belum bergabung dengan Timnas Indonesia U-23. Selain Ridho dan Dzaky, empat nama lainnya yaitu Alfeandra Dewangga, Adi Satryo, Kadek Arel, dan Beckham Nugraha.

Sumardji telah mendapatkan jadwal kehadiran keempat pemain itu, tapi tidak untuk Ridho dan Dzaky yang masih dibutuhkan klubnya masing-masing.

"Yang membuat kami prihatin, saya sangat kecewa dengan tidak hadirnya dua pemain dengan alasan berbagai macam. Pertama Persija, yang kedua PSM," beber Sumardji.

Amarah Sumardji kepada Thomas Doll dan Bernardo Tavares
(Foto: PSSI)

"Yang perlu saya sampaikan, saya informasikan, untuk kepentingan nasional, hanya dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23, itu saja sama pelatihnya ditahan, tidak dilepas," lanjutnya.

"Bangsa ini membutuhkan tenaga, pikiran para pemain yang memang dibutuhkan. Akan tetapi, kalau pelatih asingnya yang ada di negara ini, yang cari makan di negara ini mempersulit, saya kira masyarakat bisa menilai," sambung Sumardji.

"Orang pelatih asing cari makan di negara kita, tetapi mempersulit Timnas Indonesia U-23, Kalau bicara timnas ini bicara negara. Sudah berulang kali, ini dua kali kami dipersulit oleh pelatih Persija dan pelatih PSM," ungkap Sumardji.

"Jadi pada kesempatan ini, saya berharap dukungan dari masyarakat karena kalau tidak ada dukungan dari masyarakat, kami pun akan kesulitan karena pelatih asing selalu berlindung pada bukan kalender FIFA, bukan kalender FIFA. Selalu itu," tutupnya.

Timnas Indonesia U-23 bakal mengarungi Piala AFF U-23 pada 17-26 Agustus 2023. Garuda Muda akan melawan Timnas Malaysia U-23 dan Timnas Timor Leste U-23.

Piala AFF U-23 tidak masuk agenda FIFA. Sehingga, klub-klub termasuk Persija dan PSM berhak untuk tidak melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23. (Rangga)

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic