politics

Anies-Muhaimin Pasangan Capres-Cawapres Pertama yang akan Mendaftar ke KPU

Penulis Rangga Bijak Aditya
Oct 16, 2023
Pasangan bakal capres-cawapres usungan Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan). (Foto: Instagram/aniesbaswedan)
Pasangan bakal capres-cawapres usungan Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan). (Foto: Instagram/aniesbaswedan)

ThePhrase.id - Pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) usungan Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan mendaftar sebagai pasangan capres-cawapres ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Hal tersebut diketahui dari keterangan dalam surat pemberitahuan pendaftaran yang diserahkan ke KPU, yang di dalamnyaa tertulis pasangan AMIN itu akan datang di hari pertama masa pendaftaran yaitu Kamis, 19 Oktober 2023 pukul 08.00 WIB.

Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem, Hermawi F. Taslim mengungkapkan tim Koalisi Perubahan sudah mengirim surat tersebut pada Sabtu (14/10) pukul 15.00 WIB dan langsung diterima oleh staf Sekretariat Jenderal KPU RI.

“Sudah kami masukkan dan sudah diterima KPU,” ucap Hermawi di Jakarta, Minggu (15/10) dikutip Antaranews.

Surat tersebut ditandatangani langsung oleh para ketua umum (ketum) partai politik anggota Koalisi Perubahan, yakni Surya Paloh (Partai NasDem), Muhaimin Iskandar (PKB), dan H. Ahmad Syaikhu (PKS), beserta sekretaris jenderal (sekjen) DPP masing-masing partai.

Hermawi menyatakan dengan adanya surat pemberitahuan itu, proses pendaftaran akan segera dilakukan. Dengan begitu Anies-Muhaimin akan menjadi pasangan capres-cawapres pertama yang mendaftar ke KPU.

“Insyaallah kami jadi pasangan pertama dan akan tiba sekitar pukul 08.00 pagi,” imbuh Hermawi.

Koalisi Perubahan akan Tampilkan Suasana Demokrasi yang Indah

Anies Muhaimin Pasangan Capres Cawapres Pertama yang akan Mendaftar ke KPU
Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakal Al-Habsyi (tengah) bersama Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. (Foto: Instagram/aboebakaralhabsyi)

Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan Koalisi Perubahan akan menampilkan suasana demokrasi yang indah saat mendampingi Anies-Muhaimin mendaftar sebagai pasangan capres-cawapres ke KPU.

“Hari pertama kami akan datang ke KPU,” kata Aboe Bakar Al-Habsyi di Jakarta, Sabtu (14/10).

Ia menyatakan koalisinya sudah mempersiapkan berbagai hal untuk mendaftarkan Anies-Muhaimin, dan akan menonjolkas suasana demokrasi yang indah, namun tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai hal itu.

“Pokoknya lihat saja, kami akan menampilkan susasana demokrasi yang indah ke KPU. KPU juga siap menerima kami,” tandasnya.

Kasus Hukum Kader NasDem tak Pengaruhi Pemenangan Anies-Muhaimin

Aboe Bakar Al-Habsyi memastikan bahwa meskipun ada kasus hukum yang melibatkan kader Partai NasDem, yaitu kasus korupsi Jhonny G Plate dan Syahrul Yasin Limpo, tidak akan mempengaruhi pemenangan Anies-Muhaimin.

“Semua kasus tidak pengaruh kepada kami. Kami (Koalisi Perubahan) akan jalan terus dan tegak lurus,” tukas Al-Habsyi.

Ia menyerahkan kasus tersebut berjalan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku kepada pihak yang berwennag, dan menyatakan pihaknya fokus dengan komitmen memenangkan Anies-Muhaimin dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kami semua komitmen dan solid memenangkan Anies dan Cak Imin,” tandasnya. (Rangga)

 
Related News
Popular News
 

News Topic