politics

Anies Mulai Kampanye di Jakarta, Ganjar di Merauke

Penulis Rangga Bijak Aditya
Nov 29, 2023
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan memulai kampanye di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, Selasa (28/11/23). (Foto: Instagram/aniesbaswedan)
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan memulai kampanye di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, Selasa (28/11/23). (Foto: Instagram/aniesbaswedan)

ThePhrase.id - Masa kampanye calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) secara resmi telah dimulai pada Selasa, 28 November 2023. Tiga pasangan capres-cawapres telah memulai aktivitasnya berkampanye di sejumlah daerah.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan memilih berkampanye di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara sebagai titik dimulainya kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang dijalani, karena memiliki sejarah kedekatan secara emosional.

Pada saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta tahun 2017, warga kampung tersebut merupakan yang pertama meminta Anies untuk maju sebagai calon gubernur di tahun 2016.

“Pada tanggal 23 September 2016, pada waktu itu pendaftaran pilkada hari Jumat, hari Sabtu saya keliling pertama itu di Kampung Tanah Merah,” ucap Anies di kediamannya, Jakarta, Selasa (28/11) sebelum berangkat memulai kampanye.

“Jadi sekarang kami akan berjalan menuju sebuah amanah yang sedang sekarang diatur lewat pemilu tingkat nasional. Saya mulainya dari kampung di mana dulu kami memulai di Jakarta,” lanjutnya.

Usai berkampanye menyampaikan gagasannya di Tanah Merah dan sejumlah titik di Jakarta, Anies bertolak melanjutkan kampanyenya di Kabupaten Bogor dan Kota Bogor.

Anies mengungkapkan alasannya mendatangi sejumlah titik di Bogor ialah karena Kabupaten Bogor merupakan kabupaten dengan penduduk paling banyak di Jawa Barat, serta daerahnya yang masih dekat dengan Jakarta.

Di hadapan para pendukungnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan sejumlah gagasan perubahan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik, mulai dari pangan murah hingga tempat huni yang terjangkau.

Sedangkan cawapresnya, Muhaimin Iskandar menjalani hari pertama kampanye terpisah dengan Anies, dengan mendatangi sejumlah daerah di Provinsi Jawa Timur.

Ganjar-Mahfud Berkampanye di Barat dan Timur Indonesia

Anies Mulai Kampanye di Jakarta  Ganjar di Merauke
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo awali kampanye di Merauke, Papua, Selasa (28/11/23). (Foto: Instagram/ganjar_pranowo)

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD memulai serangkaian kegiatan kampanyenya dari daerah Barat dan Timur Indonesia.

Ganjar memaparkan tiga makna mengapa ia memilih Merauke, sementara cawapresnya Mahfud MD memulainya di Sabang sebagai titik awal berkampanye di hari pertama masa kampanye.

“Pertama, terinspirasi lagu nasional dari Sabang sampai Merauke,” ucap Ganjar dalam keterangannya, Selasa (28/11) dikutip Antaranews.

Ia memberi pesan kuat kepada masyarakat Indonesia bahwa mereka berdua menghubungkan Indonesia dari ujung barat hingga ujung timur.

Makna kedua yakni menyiratkan sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia. Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk memajukan seluruh rakyat Indonesia dengan pemerataan pembangunan di desa maupun kota dari ujung barat hingga timur Indonesia.

Lalu makna ketiga, Ganjar mengatakan memilih sebuah desa di Merauke sebagai tempat paling awal menyambut terbitnya matahari, tempat paling awal rakyatnya bekerja dan usaha. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic