e-biz

Anti Boros di Tahun Baru, Ini Tips Mengatur Keuangan ala Kemenkeu

Penulis Firda Ayu
Dec 26, 2023
(Foto: AndreyPopov from Getty Images Pro)
(Foto: AndreyPopov from Getty Images Pro)

ThePhrase.id - Salah satu resolusi tahun baru yang sulit dilakukan adalah mengatur keuangan dengan lebih baik di tengah berbagai pengeluaran yang makin besar tiap tahunnya. Agar terhindar dari pengeluaran berlebih di tahun 2024, kalian perlu merencanakan dan mengelola keuangan.

Tak hanya menghindari perilaku boros, pengelolaan keuangan yang baik juga dapat meningkatkan tabungan dalam jangka panjang. Agar dapat mengelola keuangan dengan lebih baik di tahun 2024, simak tips mengatur keuangan ala Kemenkeu berikut ini.

Mencatat pendapatan dan pengeluaran

Meski sering dianggap tidak penting, mencatat pengeluaran dan pendapatan sangat diperlukan agar kita tidak bingung kemana uang kita “pergi” di akhir bulan. Agar lebih mudah dalam melacak keuangan bulanan, kalian bisa memulai untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran tiap bulan. Hal  ini bisa dilakukan dengan pembukuan sederhana di catatan kecil maupun aplikasi pengatur keuangan di gadget yang mudah diakses.

Catat penghasilan selama satu bulan dan buatlah pos-pos pengeluaran secara rutin setiap bulan. Dengan pembuat pos pengeluaran, kalian dapat melihat pos yang melebihi target yang ditentukan dan menjadi pengingat dalam mengeluarkan uang. 

Perhatikan hal-hal kecil

Jangan menganggap remeh pengeluaran kecil seperti pengeluaran membeli kopi setiap hari atau pengeluaran camilan sore hari. Kebanyakan orang berhati-hati dalam membeli barang mahal, namun kurang terkontrol pada pengeluaran-pengeluaran kecil. 

Padahal, pengeluaran kecil ini jika digabungkan dalam satu bulan dapat bernilai lebih besar dari barang mahal tadi dan membuat keuangan tidak terkontrol. Jadi lebih berhati-hatilah dalam melakukan pengeluaran meskipun untuk hal kecil sekalipun.

Jangan belanja demi gengsi

Kepopuleran barang branded membuat kita biasa membelinya demi memenuhi gengsi dan mengikuti gaya hidup. Akan lebih baik jika kita menggunakan uang tersebut untuk menambah tabungan dan membeli barang yang memang kita butuhkan. Hal ini karena perkembangan tren dan gengsi tidak akan ada habisnya jika terus kita ikuti.

Buat prioritas kebutuhan

Anti Boros di Tahun Baru  Ini Tips Mengatur Keuangan ala Kemenkeu
(Foto: DNY59 from Getty Images Signature)

Buat daftar prioritas kebutuhan dari hal yang bersifat penting hingga kurang penting maupun dari yang bersifat mendesak hingga masih dapat ditunda untuk dipenuhi. Skala prioritas ini akan memudahkan kita dalam mengatur pengeluaran hingga kita dapat lebih berhemat dan teratur dalam mengeluarkan uang.

Pasang target masa depan

Membuat target masa depan dapat menjadi salah satu cara efektif dalam mengatur keuangan, seperti memiliki kendaraan sendiri di usia 30 tahun, memiliki rumah sendiri di usia 35 tahun, dan sebagainya.

Dengan menetapkan target ini pastikan kalian siap memulai dan melaksanakannya sehingga target ini tidak hanya menjadi wacana. Target ini juga menjadi cara agar kita merencanakan keuangan dengan lebih baik agar target tercapai.

Disiplin dalam menabung

Banyak orang menabung dari uang yang tersisa di akhir bulan, hal tersebut adalah kesalahan. Agar uang tabungan lebih cepat bertambah, buatlah target menabung dan sisihkan uang di awal bulam. JIka perlu, pisahkan rekening menabung dengan rekening yang biasa digunakan sehari-hari.

Jangan takut berinvestasi

Anti Boros di Tahun Baru  Ini Tips Mengatur Keuangan ala Kemenkeu
(Foto: kefkenadasi from Getty Images)

Meski investasi memiliki banyak risiko, namun investasi memiliki potensi keuntungan yang besar jika dilakukan dengan tepat. Agar dapat melakukan investasi dengan baik, perlu belajar dan latihan dalam membuat strategi tepat untuk berinvestasi.

Kalian dapat memulai dengan mencari tahu jenis investasi yang cocok hingga mencari tahu sebanyak mungkin informasi mengenai investasi yang  dipilih sesuai dengan keadaan keuangan. Pastikan bahwa investasi yang dilakukan tidak mengganggu pos-pos pengeluaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Itu dia beberapa tips yang dapat dilakukan agar tabungan terus bertambah dan anti boros di tahun 2024. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic