sport

Apa Kabar Persiapan PON 2024 Aceh-Sumut?

Penulis Ahmad Haidir
Nov 17, 2023
Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman (kedua dari kanan) saat memimpin rapat persiapan penyelenggaraan PON 2024 di Aceh, beberapa waktu lalu. Sekarang persiapan masuk dalam tahap kunjungan tim Technical Delegate (TD) (Foto: KONI Pusat)
Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman (kedua dari kanan) saat memimpin rapat persiapan penyelenggaraan PON 2024 di Aceh, beberapa waktu lalu. Sekarang persiapan masuk dalam tahap kunjungan tim Technical Delegate (TD) (Foto: KONI Pusat)

Thephrase.id - Apa kabar persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan berlangsung di Aceh dan Sumatra Utara? Apakah sesuai dengan tahapan perancanaan? Atau ada kemungkinan ajang yang diagendakan pada September tahun depan itu diundur pelaksanaannya? Mengingat kesiapan penyelenggaraan tempat pertandingan.


Kabar terkini semua masih sesuai rencana. Kamis (16/11/2023) juga berlangsung kunjungan Technical Delegate (TD) dari perwakilan 34 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan di PON Aceh-Sumut.


Kunjungan itu dipimpin Wakil Ketua KONI Pusat Suwarno di Deliserdang. Agenda TD bersama KONI Pusat untuk melihat dan memastikan kesiapan arena yang akan dipakai.


Dengan kunjungan itu diharapkan kepastian persiapan PON 2024 berada di jalur yang benar. Termasuk tata waktu dan kesiapan arena pertandingan.


“Persiapan masuk tahap kunjungan yang dilakukan TD masing-masing induk cabor. Dalam kegiatan ini ada pemeriksaan lapangan,” kata Suwarno.


Detail kunjungan itu untuk memastikan kesiapan arena dan kebutuhan yang sekiranya belum lengkap. Tim TD akan langsung memberi masukan seandainya ada arena yang belum sesuai standar penyelenggaraan pertandingan.


“Tim TD akan mencatat dan merumuskan apa saja yang dibutuhkan. Jadi masukan dari TD sangat penting demi terpenuhinya syarat-syarat kelayakan arena,” kata Suwarno.


Nantinya catatan dari rombongan TD akan diserahkan kepada panitia penyelenggara dan Dispora Aceh serta Sumut. Tentu saja harapannya bisa dipenuhi.


Selain kelayakan arena pertandingan, tidak kalah penting adalah kesiapan panitia penyelenggara. Dalam pelaksanaan PON dibutuhkan tenaga yang andal sebagai panitia.


“Itu yang paling sulit, karena tugas mereka sangat menentukan keberhasilan PON,” ucap Suwarno. “Jadi panitia yang ditunjuk harus memiliki kompetensi dan tersertifikasi,” ia mengakhiri pernyataan. 

 
Related News
Popular News
 

News Topic