tech

Apple iPhone 15, Desain Lebih Canggih dengan Kamera Terbaik

Penulis Nadira Sekar
Sep 14, 2023
Foto: iPhone 15 (dok. Apple)
Foto: iPhone 15 (dok. Apple)

ThePhrase.id - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple akhirnya mengumumkan lini smartphone terbarunya iPhone 15 dan iPhone 15 Plus melalui ajang Apple Event yang digelar di Apple Park Cupertino, California pada Selasa (12/9) waktu setempat.

Perusahaan mengklaim bahwa ponsel ini hadir dengan sejumlah pembaruan besar. 

"iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mewakili lonjakan besar dengan inovasi kamera yang menginspirasi kreativitas, Dynamic Island yang intuitif, dan fitur seperti Roadside Assitance melalui satelit yang benar-benar membuat perbedaan dalam kehidupan pengguna," kata Kaiann Drance, Vice President of Worldwide iPhone Product Marketing Apple.

Lebih Tangguh

iPhone 15 hadir dengan layar 6,1 inci sedangkan iPhone 15 Plus hadir dengan layar 6,7 inci, keduanya akan hadir dengan Dynamic Island yang sebelumnya hanya hadir pada varian Pro. Fitur ini ini memungkinkan pengguna untuk melihat arah selanjutnya di Peta, mengendalikan musik dengan mudah, serta melalui integrasi aplikasi pihak ketiga, mendapatkan pembaruan waktu nyata mengenai pengiriman makanan, berbagi perjalanan, skor olahraga, rencana perjalanan, dan lainnya. 

Kedua perangkat ini hadir dengan layar Super Retina XDR dengan kecerahan HDR puncak 1600 nit, sehingga foto dan video HDR terlihat lebih baik dari sebelumnya. Bahkan ketika terik matahari, kecerahan luar ruangan dapat mencapai 2000 nit, dua kali lebih cerah dibandingkan generasi sebelumnya.

Apple iPhone 15  Desain Lebih Canggih dengan Kamera Terbaik
Foto: iPhone 15 (dok. Apple)

Kedua model ini tampil dengan desain baru yang canggih dan tahan lama. Untuk pertama kalinya dalam dunia smartphone, warna di-infuse ke seluruh bagian belakang kaca, menciptakan lima pilihan warna yang indah. Kaca belakang diperkuat dengan proses pertukaran ion ganda yang dioptimalkan sebelum dihaluskan dengan partikel nanokristalin dan diukir untuk menciptakan hasil akhir matte yang mewah dan bertekstur. 

Tepi yang dirancang ulang pada bingkai alumunium kelas penerbangan memberikan kenyamanan ekstra di tangan pengguna, sementara layar depan yang dilindungi dengan Ceramic Shield tetap lebih kuat dibandingkan kaca smartphone lainnya.  Dengan desain tahan air dan debu serta fitur ketangguhan terkemuka dalam industri, iPhone memiliki masa pakai yang lebih panjang dan mempertahankan nilai lebih lama dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Kamera Terbaik

Kedua perangkat ini hadir dengan kamera Utama 48MP yang dapat menghasilkan foto dan video tajam sambil menangkap detail halus, berkat sensor quad-pixel dan 100 persen Focus Pixels untuk autofokus yang cepat. 

Dengan memanfaatkan kekuatan fotografi komputasional, kamera utama memberikan pengguna pilihan baru dengan resolusi super tinggi 24MP secara default, memberikan kualitas gambar yang luar biasa dengan ukuran file yang ringan, ideal untuk penyimpanan dan berbagi. Selain itu, opsi 2x Telephoto memberikan pengguna tiga tingkat zoom berkualitas optik — 0.5x, 1x, 2x — untuk pertama kalinya dalam sistem kamera ganda iPhone.

 

Apple iPhone 15  Desain Lebih Canggih dengan Kamera Terbaik
Foto: Aksesoris iPhone 15 (dok. Apple)

Selain itu, untuk pertama kalinya, pengguna dapat mengambil foto portrait tanpa harus beralih ke mode Portait. Ketika terdapat manusia, anjing, atau kucing dalam bingkai, atau ketika pengguna mengetuk untuk fokus, iPhone secara otomatis mengambil informasi kedalaman, sehingga pengguna dapat mengubah foto menjadi potret yang menakjubkan nanti di aplikasi Foto di iPhone, iPad, atau Mac. Pengambilan gambar di malam hari juga menjadi lebih baik dengan perbaikan pada mode Malam, termasuk detail yang lebih tajam dan warna yang lebih hidup. 

Gunakan A16

Chip A16 Bionic yang cepat dan efisien membawa kinerja teruji pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Dengan dua inti kinerja tinggi yang menggunakan 20 persen lebih sedikit daya dan empat inti efisiensi tinggi, CPU 6 inti ini lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan mampu menangani tugas-tugas berat dengan mudah sambil memberikan daya tahan baterai yang luar biasa. 

GPU 5 inti ini memiliki bandwidth memori 50 persen lebih banyak untuk grafis yang lancar saat streaming video dan bermain game. Mesin Neural baru 16 inti mampu melakukan hampir 17 triliun operasi per detik, memungkinkan perhitungan pembelajaran mesin yang lebih cepat untuk fitur seperti transkripsi Pesan Suara Langsung di iOS 17 dan pengalaman aplikasi pihak ketiga — semua sambil melindungi fitur privasi dan keamanan kritis menggunakan Secure Enclave.

Gunakan USB-C

Apple iPhone 15  Desain Lebih Canggih dengan Kamera Terbaik
Foto: Pengisian Daya iPhone 15 (dok. Apple)

Jajaran iPhone 15 menawarkan cara yang lebih nyaman untuk mengisi daya. Kedua model menggunakan konektor USB‑C, standar yang diterima secara universal untuk mengisi daya dan mentransfer data, memungkinkan pengguna menggunakan kabel yang sama untuk mengisi daya iPhone, Mac, iPad, dan AirPods Pro yang diperbarui (generasi ke-2). Pengguna juga dapat mengisi daya AirPods atau Apple Watch langsung dari iPhone dengan konektor USB‑C. Selain itu, kedua model mendukung pengisian daya nirkabel MagSafe dan charger Qi2.

Ketersediaan

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan tersedia dalam warna pink, kuning, hijau, biru, dan hitam dengan kapasitas penyimpanan 128GB, 256GB, dan 512GB, dengan harga mulai dari $799 (AS) atau sekitar Rp12,3 jutaan mulai 22 September mendatang. Sayangnya, belum diketahui kapan perangkat ini akan diluncurkan serta harga jualnya di Indonesia.

[nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic