leader

Ardhito Pramono, Penyanyi dan Aktor yang Perankan Film 13 Bom di Jakarta

Penulis Firda Ayu
Dec 31, 2023
(Foto: instagram.com/ardhitopramono)
(Foto: instagram.com/ardhitopramono)

ThePhrase.id - Ardhito Pramono menjadi salah satu pemeran dalam film aksi terbaru 13 Bom di Jakarta karya sutradara Angga Dwimas Sasongko. Ia berperan sebagai William yang merupakan seorang ahli IT dan beradu akting dengan Chicco Kurniawan hingga Rio Dewanto.

Penasaran dengan perjalanan karier dan profil Ardhito Pramono? Yuk kepoin.

Lahir di Jakarta pada 22 Mei 1995, Ardhito Rifqi Pramono atau lebih dikenal dengan nama Ardhito memiliki darah seni yang ia dapatkan dari neneknya, Sarwi Mumpuni. Neneknya merupakan seorang penyanyi istana yang kerap memberikannya referensi lagu-lagu jazz.

Dibesarkan di keluarga berada, ayah Ardhito bekerja di dunia militer serta memiliki perusahaan tempat pemeliharaan pesawat. Saat SMP, ia pernah mengikuti les musik untuk menyalurkan emosinya melalui gitar dan drum. 

Dhito juga sempat diremehkan karena berkuliah pada jurusan perfilman di JMC Academy meski tidak mendapatkan support dari orang tuanya. Sebelum dikenal sebagai penyanyi, Ardhito berkarier sebagai penyiar radio, VJ, hingga penulis lagi. Sebagai VJ, ia berhasil terpilih sebagai Top 6 MTV Indonesia VJ Hunt.

Ardhito Pramono  Penyanyi dan Aktor yang Perankan Film 13 Bom di Jakarta
(Foto: instagram.com/ardhitopramono)

Kariernya di dunia musik ia awali dengan mengcover berbagai lagu di akun YouTube miliknya. Konsisten dalam mengcover berbagai lagu membuatnya makin dikenal hingga ia mulai merilis single perdana berjudul The Sun di tahun 2016. 

Nama Ardhito makin dikenal melalui lagu Bitterlove yang ada dalam album Ardhito Pramono yang ia rilis di tahun 2017. Kepopuleran ini membawanya bergabung dengan label rekaman ternama, Sony Music Indonesia.

Sejak saat itu, Ardhito mulai memamerkan suara melalui berbagai lagu populer, seperti Fake Optics dan Cigarettes of Ours yang ada dalam album A letter to my 17 year old (2018). Lagu ini juga membawa Ardhito masuk dalam berbagai nominasi mulai dari Artis Jazz Vokal Terbaik hingga Artis Solo Pria Pop Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia.

Selain itu, ia juga kerap menyanyikan lagu untuk soundtrack film pada Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (2020), Story of Kale: When Someone's in Love (2020), hingga Dear Nathan: Thank You Salma (2022). 

Selain itu, soundtrack berjudul Fine Today yang dibawakan Dhito pada film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini juga berhasil memenangkan penghargaan dari Anugerah Musik Indonesia pada kategori Artis Jazz Kontemporer Terbaik. 

Berhasil populer membawakan genre jazz, Ardhito memiliki 10,9 juta pendengar dari 180 negara di Spotify dengan 98,1 juta streaming. 

Bersinar Sebagai Aktor

Tak hanya meniti karier sebagai musisi, Ardhito juga terjun ke dunia akting dan berperan pada beberapa film populer. Pada tahun 2020, ia debut pada film drama keluarga berjudul Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini sebagai Kale. 

Kepopuleran film ini membawa Ardhito memenangkan penghargaan dari Indonesian Movie Actors Awards pada kategori Pemeran Pendatang Baru Terfavorit. 

Ardhito Pramono  Penyanyi dan Aktor yang Perankan Film 13 Bom di Jakarta
(Foto: instagram.com/ardhitopramono)

Ardhito juga memerankan dua spin-off dari film ini berjudul Story of Kale: When Someone’s in Love (2020) dan Story of Dinda: Second Chance of Happiness (2021) dengan karakter yang sama. Selain sebagai aktor, Ardhito juga berpengalaman menjadi sutradara dan editor dari film pendek berjudul Hampir Jadi (2020). 

Ardhito juga berperan sebagai Afkar dalam film Dear Nathan: Thank You Salma dan beradu peran dengan Jefri Nichol dan Amanda Rawles. 

Kini, selain berbagai lagu-lagunya yang dapat dinikmati di platform musik, akting Ardhito juga dapat dinikmati dalam film 13 Bom di Jakarta yang telah tayang perdana pada 28 Desember lalu . [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic