Asam Lambung Naik Karena Kafein? Ini Cara Mengatasinya!

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Berbagai makanan maupun minuman yang mengandung kafein banyak dikonsumsi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Namun ternyata konsumsi terlalu banyak kafein memiliki berbagai efek samping, salah satunya sakit perut akibat naiknya asam lambung.

Banyak pecinta kopi bertanya-tanya mengapa mereka sakit perut setelah mengonsumsi beberapa cangkir kopi. Hal ini disebabkan oleh kafein dalam kopi mendorong produksi asam ekstra dalam lambung. Naiknya jumlah asam dalam lambung dapat menyebabkan sakit perut, mulas hingga peradangan.

Untuk menghindari efek kafein ini, apa yang harus kita lakukan?

Minum Teh Herbal

Berbagai jenis Teh Herbal (Foto: freepik)

Teh memang mengandung kafein namun tidak untuk teh herbal. Berbagai jenis teh herbal dapat membantu mengatasi asam lambung yang naik akibat konsumsi terlalu banyak kafein. Cara mengatasinya coba minum  teh jahe dengan tambahan lemon atau kunyit untuk mengurangi peradangan dan mulas.

Bisa juga mencoba teh kamomil dan licorice yang juga memiliki efek menenangkan pada tubuh. Namun, hindari teh herbal yang mengandung peppermint atau apearmint karena mampu memperburuk masalah asam lambung.

Minum Air

Ilustrasi meminum air. (Foto: Unsplash/Engin Akyurt)

Konsumi terlalu banyak kopi dapat mengakibatkan dehidrasi sehingga untuk mengatasinya dengan mengonsumsi banyak air. Air juga mampu mengatasi peradangan perut akibat asam lambung dan mengurangi rasa tidak nyaman di perut.

Makan Snack Sehat

Greek yogurt (Foto: healthline.com)

Cara mencegah asam lambung akibat konsumsi kafein berlebihan adalah dengan memakan sesuatu sebelum atau bersamaan dengan konsumsi kopi maupun minuman kafein lainnya. Hal ini karena kondumsi makanan akan membantu memperlambat efek kafein dan membantu memecah minyak dalam kopi.

Beberapa snack sehat juga memiliki vitamin atau kandungan yang mampu melawan efek dari kafein. Berbagai snack sehat yang mampu mengatasi masalah asam lambung yaitu, pisang, oatmeal, yogurt, melon, dan sayuran hijau.

Minum Jus Aloe Vera

Foto: Ilustrasi Lidah Buaya (freepik.com Leaf photo created by jcomp)

Sifat aloe vera yang menenangkan dengan kandungan anti-flamasi, vitamin hingga mineral mampu mengurangi rasa tidak nyaman akibat asam lambung. Jus aloe vera juga memiliki efek detoksifikasi pada tubuh untuk membuat perut terasa jauh lebih baik.

Itu dia berbagai cara yang dapat dilakukan jika mengalami asam lambung akibat kafein. Pastikan tidak mengonsumsi antasida untuk mengurangi asam lambung akibat kafein. Hal ini karena antasida justru dapat menyebabkan kandungan asam bertambah dalam perut.

Sebagai gantinya, cobalah produk coffee tamer atau bubuk anti asam yang dapat dicampurkan ke dalam kopi. [fa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you