leader

Asmara Abigail, Cinta pada Dunia Film yang Membawanya Menjadi Aktris Kondang

Penulis Firda Ayu
Jan 21, 2024
(Foto: instagram.com/asmaraabigail)
(Foto: instagram.com/asmaraabigail)

ThePhrase.id - Sudah menonton film Sehidup Semati yang baru tayang pada 11 Januari lalu? Salah satu aktris dengan akting yang menarik publik adalah Asmara Abigail yang memerankan karakter Asmara.

Kerap memerankan karakter misterius di film-film horor, bagaimana perjalanan karier Asmara Abigail?

Asmara Abigail Sumiskum lahir di Jakarta, Indonesia pada 3 April 1992. Dilansir Viva, Asmara dibebaskan untuk memilih pendidikan dan karier yang ia inginkan. Hal itu membawanya yang baru lulus SMA terbang ke Milan untuk mempelajari dunia fashion pada jurusan Pemasaran dan Pencitraan untuk Barang Mewah di Haute Future Fashion Academy.

Dengan ilmu yang ia miliki ini membawanya terjun ke dunia model dan mengikuti berbagai ajang pemilihan model hingga menjadi model profesional. Selain itu, perempuan dengan paras cantik khas Indonesia ini juga mendalami ketertarikannya dalam bidang tari hingga akting.

Ketertarikan ini dimulai karena sejak kecil Asmara suka diajak menonton film di bioskop sehingga sinema menjadi bagian masa kecilnya dan hal yang menginspirasi Asmara hingga kini. Selain itu, ketertarikannya dalam dunia akting adalah karena ia bisa menjadi karakter yang sangat berbeda dengan dirinya di dunia nyata.

Asmara Abigail  Cinta pada Dunia Film yang Membawanya Menjadi Aktris Kondang
(Foto: instagram.com/asmaraabigail)

Asmara Abigail debut pertama di tahun 2015 melalui film pendek bertajuk Jentera yang disutradarai oleh Dmaz Brodjonegoro. Pada akting pertamanya ini Asmara berperan sebagai pekerja seks komersial yang dieksploitasi oleh mucikarinya.

Ia kemudian memamerkan kemampuan aktingnya pada film horor Setan Jawa yang disutradarai oleh Garin Nugroho. Pada film yang kental akan mitologi Jawa ini Asmara Abigail memerankan karakter putri bangsawan Jawa bernama Asih. Kemampuannya menari tango, flamenco, serta pole dance ia gabungkan dengan tarian Jawa tradisional dalam film ini.

Aktingnya mulai mendapat pengakuan luas melalui perannya sebagai karakter antagonis bernama Darminah dalam film horor Pengabdi Setan karya Joko Anwar yang populer di tahun 2017 saat rilis.  Sejak saat itu, Asmara Abigail tak berhenti berkarya melalui berbagai judul film maupun serial web. 

Beberapa film yang ia bintangi yaitu, Sekte (2019), Gundala (2019), Perempuan Tanah Jahanam (2019), Mudik (2020), Yuni (2021), hingga Pengabdi Setan 2: Communion di tahun 2022. Ia juga membintangi beberapa serial web bertajuk Switch (2017), Jarak & Waktu (2021), hingga Dapur Napi (2022).

Asmara Abigail  Cinta pada Dunia Film yang Membawanya Menjadi Aktris Kondang
 (Foto: instagram.com/asmaraabigail)

Kemampuannya dalam berakting mendapat pengakuan melalui beberapa nominasi yang ia dapatkan, seperti Aktris Pendukung Terpilih dari Piala Maya di tahun 2021 dan 2022, Aktris Pendukung Pilihan dari Festival Film Tempo, hingga Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dari Festival Film Indonesia.

Dari beberapa nominasi tersebut, Asmara Abigail berhasil membawa pulang penghargaan Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Film Bioskop dari Festival Film Bandung di tahun 2021 untuk film Mudik.

Sempat ditolak tiga kali oleh Berlinale, Asmara Abigail berhasil bergabung menjadi talent di ajang film bergengsi Berlinale 2023. Ia berlatih dengan pelatih aktor Hollywood, Kristof Konrad bersama 12 aktor dari 12 negara dengan gaya akting yang berbeda.

Selain dalam film Sehidup Semati, akting memukau Asmara Abigail juga dapat dinikmati penggemar dalam film-filmnya yang akan tayang tahun ini, yaitu #OOTD: Outfit of the Designer serta Muslihat[fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic