leader

Bae Suzy, Idol Serbabisa yang Kini Jadi Aktris Papan Atas

Penulis Firda Ayu
Sep 24, 2023
Bae Suzy (Foto: instagram.com/guess)
Bae Suzy (Foto: instagram.com/guess)

ThePhrase.id - Pecinta K-Pop dan K-Drama pasti sudah tak asing dengan nama Bae Suzy. Aktris yang mengawali kariernya sebagai idol ini kini lebih aktif dalam dunia akting hingga masuk dalam deretan Idol-Aktris Terbaik 2023 versi Star News. 

Pada kategori idola wanita, selain Bae Suzy, aktris-aktris ternama juga masuk dalam daftar ini, seperti Yoona SNSD, IU, Nana, dan Kim Sejeong. 

Yuk simak perjalanan karier Bae Suzy hingga berhasil masuk dalam daftar deretan Idol-Aktris Terbaik 2023.

Bae Su-ji lebih dikenal dengan nama Bae Suzy atau Suzy lahir di Gwangju, Korea Selatan pada 10 Oktober 1994. Sejak kecil Suzy memiliki minat yang tinggi untuk terjun ke dunia hiburan. Hal ini ia wujudkan dengan masuk ke School of Performing Arts Seoul atau SOPA yang merupakan sekolah artis-artis ternama.

Parasnya yang cantik membuat Suzy dengan mudah menjadi model untuk berbagai merek pakaian di usia 15 tahun hingga ia lulus SMA. Meski memiliki talenta dalam dunia hiburan, Suzy belum tahu cara untuk menjadi idol hingga kemudian ia mengikuti kompetisi Mnet Superstar K yang diadakan pada tahun 2009.

Bae Suzy  Idol Serbabisa yang Kini Jadi Aktris Papan Atas
(Foto: instagram.com/skuukzky)

Sayangnya, ia tereliminasi di tahap awal kompetisi. Meski demikian, bakat dan parasnya yang menarik membuat JYP menggaetnya sebagai trainee. Tak butuh waktu lama, Suzy kemudian debut melalui girl group bernama Miss A pada tahun 2010.

Miss A debut melalui single album Bad but Good yang dengan cepat menempati posisi pertama di KBS Music Bank dan menjadi girl group tercepat yang menempat posisi pertama di berbagai acara musik. Bersama Miss A, Suzy berhasil mendapatkan sebanyak 64 nominasi dan memenangkan 20 penghargaan. 

Melalui girl group ini, popularitas Suzy melonjak dengan cepat hingga ia menjadi pembawa acara musik, MBC Show! Music Core bersama Jiyeon T-ara serta Minho dan Onew SHINee di tahun 2010. Ia juga membawakan berbagai acara bergengsi mulai dari Seoul Music Awards, Golden Disc Awards, hingga Mnet 20's Choice Awards.

Tak hanya aktif sebagai penyanyi dan pembawa acara, Suzy juga menjajaki dunia akting dengan berperan sebagai Go Hye-mi dalam drama bertajuk Dream High (2011). Melalui drama ini, Suzy meraih enam nominasi dan memenangkan dua di antaranya, yaitu kategori Best New Actress dan Best Couple Award yang ia dapatkan dengan aktor Kim Soo-hyun. 

Sejak saat itu, karier Suzy makin menanjak dengan aktivitasnya sebagai idol dan berbagai drama yang ia bintangi. Ia bahkan mendapat sebutan Nation’s First Love setelah berperan dalam drama Architecture 101 (2012).

Saking populernya, Suzy menjadi selebriti wanita pertama di Korea yang berhasil memenangkan penghargaan newcomer atau pendatang baru pada berbagai bidang sekaligus, mulai dari penyanyi, drama, film, hingga variety show. 

Popularitas Suzy juga membawanya menjadi artis Korea wanita pertama yang patung lilinnya di pajang di Madame Tussauds Hongkong pada tahun 2016.

Bae Suzy  Idol Serbabisa yang Kini Jadi Aktris Papan Atas
(Foto: instagram.com/skuukzky)

Pada tahun 2017, Suzy melakukan debut solo dengan album Yes? No? Dan singel pre-release bertajuk Pretend yang meraih all-kill pada berbagai tangga laguSayangnya, tahun tersebut juga menandai terhentinya karier Suzy bersama Miss A yang bubar pada akhir tahun 2017. 

Setelah itu, ia makin aktif membintangi berbagai judul drama terkenal, mulai dari While You Were Sleeping (2017), Vagabond (2019), Start-Up (2020), hingga Anna (2022). Bakat Suzy dalam berakting makin berkembang dengan karakter-karakter yang ia perankan tersebut.

Selain mendapat pengakuan melalui berbagai aktingnya, popularitas Suzy juga diakui melalui berbagai endorsement dan iklan yang ia dapatkan. Suzy menjadi salah satu artis yang paling diminati sebagai endorser di Korea Selatan hingga mendapat sebutan CF Queen. 

Ia juga berhasil masuk dalam daftar Forber 30 Under 30 Asia pada bidang Entertainment & Sports di tahun 2021 hingga masuk dalam deretan Idol-Aktris Terbaik 2023 versi Star News. Disandingkan dengan berbagai aktor dan aktris yang mengawali karier sebagai idol, Suzy berhasil terpilih sebagai 5 idola wanita yang paling mencolok tahun ini, serta dinantikan di masa depan.

Akting Suzy kini dinantikan penggemar dalam drama terbarunya bertajuk Doona! Yang akan tayang di Netflix pada 20 Oktober 2023. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic