Bagikan Tips Karier dan Masuk BUMN di Tiktok, Vina Muliana Masuk Daftar Forbes 30 Under 30

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Nama Vina Muliana mungkin sudah tak asing bagi para pengguna aplikasi Tiktok, terutama bagi pengguna yang mencari konten tentang tips pekerjaan. Ia adalah seorang content creator yang berfokus pada konten karier dan tips bekerja.

Vina pertama kali membuka akun Tiktoknya pada bulan Februari 2021, ketika pandemi sedang melanda dengan derasnya. Ia melihat banyak pengguna yang ‘curhat’ di Tiktok mengenai kesulitan mendapat pekerjaan yang masuk pada For You Page (FYP) Tiktoknya.

“Awalnya saya melihat banyak sekali anak muda yang waktu itu sering melampiaskan kegundahgulanaan mereka dan merasakan susahnya untuk mencari pekerjaan waktu itu di media sosial, yang saya maksud di sini adalah Tiktok,” ujar Vina pada video Forbes Indonesia.

Vina Muliana. (Foto: instagram/vinamuliana)

Berangkat dari permasalahan yang ia jumpai di Tiktok tersebut, ia mencoba mencari konten yang sekiranya menjawab permasalahan karier dan pekerjaan tersebut tetapi tidak menemukannya. Dari situ lah ia mendapatkan ide untuk membuat konten dengan tujuan membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

Pada saat itu, Vina merupakan salah satu karyawan dari perusahaan BUMN Mining Industry Indonesia atau MIND ID. Sehingga, selain memberikan tips-tips pekerjaan secara general, Vina juga rajin membagikan tips seputar bekerja di BUMN.

Ia melihat belum banyak content creator Tiktok yang membuat konten terkait BUMN. Padahal, peminat orang-orang untuk bekerja di BUMN tidaklah sedikit. Sebagai individu yang memiliki pengalaman secara langsung bekerja di BUMN, informasi, pengalaman, dan ilmu yang ia miliki tentu kredibel dan dapat dipercaya, maka ia tergerak untuk membagikannya.

“Sesimpel dengan membuat konten di media sosial itu orang bisa mendapatkan ilmu yang mungkin belum pernah mereka dapatkan, utamanya soal mencari pekerjaan atau soal karier dan dunia profesional,” ujar Vina.

Vina Muliana. (Foto: instagram/Forbesindonesia)

Baru satu bulan membagikan konten edukatif di laman Tiktoknya, Vina sudah berhasil meraih followers atau pengikut sebanyak 100 ribu. Dalam tiga bulan, followersnya naik hingga satu juta. Di awal tahun 2022 ketika belum genap satu tahun ia telah mendapat lebih dari 3 juta followers. Saat ini, Vina memiliki 4,4 juta followers di Tiktoknya.

Angka fantastis tersebut bukan hanya ia raih pada jumlah followers. Tetapi, jumlah penonton videonya juga tak main-main. Tiap video tips karier atau perkerjaan yang ia unggah dapat ditonton lebih dari satu juta kali hingga 5 juta kali. Bahkan, terdapat video yang telah ditonton lebih dari 11 juta kali.

“Apa yang saya paling suka dan saya lihat paling menyenangkan dari pekerjaan yang salah lakukan adalah ketika saya bisa bantu orang banyak,” ungkap Vina.

Vina Muliana. (Foto: instagram/vinamuliana)

Berkat pengaruh dan berbagai ilmu yang ia bagikan di Tiktok, Vina menjadi salah satu pemenang pada Tiktok Awards 2021. Dirinya memenangkan kategori Best of Learning & Education. Penghargaan tersebut ia terima tepat satu tahun setelah dirinya pertama kali mengunggah video di Tiktoknya, yakni pada Februari 2022.

Tak hanya itu, ia juga menjadi salah satu Forbes Digital Stars 2022 bersama deretan influencer lainnya seperti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina melalui Rans Entertainment, Jehian Sijabat dan Jerome Polin melalui Mantappu Corp, Box2box, serta Fadil Jaidi.

Ia juga berhasil menjadi salah satu anak muda yang masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 Indonesia 2022 yang baru saja dirilis pada Maret 2022 lalu. Ia masuk dalam kategori Social Media dan mendapatkan penghargaan ini di usia 27 tahun.

Pendidikan dan Pekerjaan Vina

Vina Muliana. (Foto: instagram/vinamuliana)

Vina merupakan lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung jurusan pertanian yang lulus pada tahun 2014. Ia kemudian melanjutkan studinya di London School of Public Relations (LSPR) Jakarta pada jurusan marketing communications melalui beasiswa penuh dan lulus pada tahun 2017.

Sembari berkuliah S2, Vina merangkap bekerja sebagai seorang reporter dan presenter di Liputan6.com dari tahun 2015 hingga 2018. Setelah itu ia memulai karier baru sebagai communication specialist di Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Setelah satu tahun ia berganti posisi sebagai Asisten dari Wakil Menteri BUMN. Ia kemudian melanjutkan kariernya ke BUMN MIND ID mulai dari tahun 2019 hingga saat ini.

Sebelum terjun pada dunia profesional, Vina ternyata merupakan seorang pemenang Abang None Jakarta sebagai None Jakarta tahun 2014. Ia juga menorehkan sejarah sebagai satu-satunya None Jakarta yang menggunakan hijab. [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you