Batik Khas Lombok Gambarkan Budaya Agraris

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Lombok merupakan pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di mana sebagaian besar penduduknya memiliki budaya agraris. Hal ini tergambar dalam batik khas Lombok yang banyak mengambil motif budaya agraris.

Salah satu batik khas Lombok dikenal dengan nama Batik Sasambo. Nama tersebut diambil dari tiga suku penghasil batik yaitu Sasak di pulau Sasak, Lombok, suku Samawa di Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa serta suku Mbojo di Kabupaten Bima dan Dompu.

Pada awalnya Batik Sasambo merupakan hasil akulturasi dari batik khas Lombok dengan pengaruh motif batik Jawa yang kemudian dikembangkan mengikuti kearifan lokal Lombok serta budaya Nusa Tenggara Barat secara umum.

Motif batik Sasambo. (Foto: Indonesia Souvenirs)Adapun sejarah atau legenda di balik Batik Sasambo, dahulu terdapat putri yang disebut Putri Mandalika namun ketika masyarakat mencari sang putri tak ada yang berhasil menemukannya. Mereka hanya menemukan cacing laut bewarna-warni yang disebut Nyale dan dipercayai merupakan jelmaan dari Putri Mandalika.

Karena itu, masyarakat sekitar melaksanakan Upacara Nyale atau Bau Nyale setahun sekali. Tak hanya itu kisah tersebut dijadikan motif batik Sasambo yang melambangkan perempuan cerdas dan pemberani.

Keunikan batik Sasambo dengan batik daerah lainnya adalah pada proses membatiknya. Sebelum memasuki proses pencantingan, kain batik Sasambo akan ditenun dahulu karena merupakan tradisi budaya NTB.

Batik Khas Lombok
Proses pembuatan batik Sasambo. (Foto: Indonesia Kaya)

Motif batik Sasambo memiliki empat motif utama yaitu motif Sasambo, motif mada sahe menggambarkan mata sapi, motif kakando atau tunas bambu, dan uma lengge yang merupakan rumah adat.

Dalam batik tersebut menggunakan warna-warna cerah seperti merah, kuning, biru hingga hijau yang memiliki makna tersendiri. Seperti Warna merah yang melambangkan semangat, dan keberanian dalam menempuh kehidupan. Warna kuning melambangkan kebahagiaan. Warna biru melambangkan peruntungan yang baik, optimisme, cinta, dan kedamaian. Sementara warna hijau melambangkan kesuburan, keseimbangan, dan persahabatan. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you