Batik Unik dengan Perpaduan Gaya Hanbok

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Batik sudah dikenal oleh masyarakat luas karena memiliki motif yang khas. Lalu bagaimana dengan batik yang dipadukan dengan model khas tradisi negara lain? Kini muncul batik dengan model Hanbok yang merupakan pakaian tradisional Korea Selatan.

Djadi Batik merupakan clothing brand yang memproduksi batik yang dipadukan dengan model hanbok. Batik yang diproduksi tidak ada yang berbentuk kemeja atau model pada umumnya yang sering ditemukan.

Perpaduan tersebut terinspirasi dari kedua budaya Indonesai dan Korea. Meskipun begitu pembuatannya semua handmade dan berasal dari Yogyakarta. Perpaduan dua budaya ini menghasilkan produk yang unik. Bagi yang suka dengan drakor atau drama korea pastinya tidak asing dengan model hanbok. Djadi Batik menawarkan berbagai model inspirasi hanbok dengan motif batik tradisional Indonesia.

Sandiaga Uno menggunakan Batik Hanbok. (Foto: Instagram/DjadiBatik)

Keunikan batik hanbok diapresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dengan menggunakan kemeja batik model hanbok dalam salah satu kunjungan kerjanya.

Meskipun memadukan dengan budaya Korea, Djadi batik tetap mengenalkan motif-motif batik khas dengan nama yang khas melalui Instagramnya. Salah satu koleksi terbarunya adalah Sekar Kencana, yang tak hanya memadukan batik dengan hanbook, namun juga motif batiknya perpaduan antara motif kawung dan tumpal yang merupakan motif klasik.

Tak hanya dari Djadi Batik saja yang memproduksi batik khas dengan gaya hanbok.  Hal tersebut dilakukan oleh KBRI Korea Selatan dengan KOSRI (Korea Silk Research Institute) yang didukung oleh Kota Jinju serta KOFICE (Korean Foundation for International Culture Exchange) yang menghasilkan batik cantik perpaduan dengan kain sutera Jinju bermodel hanbok.

Foto: Instagram/DjadiBatik

Batik tersebut dipamerkan di pameran dengan tema “Kisah Batik Indonesia dan Jinju Silk” pada 11 hingga 12 November 2022 lalu. Dengan dukungan Yayasan Budaya dan Pariwisata Jinju bersama desainer Park Seon Ock @guiroe_yeoback, batik tersebut didesain dengan model ala hanbok.

Kolaborasi ini menghasilkan ekspresi kreatif yang unik dan menonjolkan warisan budaya Indonesia dan Korea Selatan. Meskipun model tradisi Korea Selatan gaya tradisi Indonesianya terlihat menonjol dan menawan. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you