Beragam Kegiatan Seru di Mandalika, Lombok Usai World Superbike

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Bagi pecinta olahraga pastinya sudah siap untuk menonton World Superbike 2022 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok pada 11-12 November 2022 ini! Nah, bagi pengunjung yang ingin menikmati Lombok secara maksimal, berikut ini beberapa kegiatan seru yang dapat dilakukan.

Selain menikmati sirkuit Mandalika, tentunya keindahan, eksotisme pantai dan panorama alam Lombok tidak boleh dilewatkan.

1. Menguji adrenalin mencoba surfing

Kegiatan main selancar. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Bagi pecinta olahraga rasanya kurang lengkap jika belum mencoba olahraga yang ekstrim, salah satunya adalah surfing atau berselancar. Tentunya Lombok menjadi surga peselancar karena pantai dengan ombak yang cukup menantang bagi para peselancar.

Berbagai pantai dapat dijadikan destinasi berselancar seperti Pantai Are Guling dan Pantai Gepruk di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Bagi yang ingin menikmati berbagai macam water sport pantai Are Guling menjadi destinasi yang cocok. Karena selain menyediakan kegiatan surfing ada juga kegiatan seperti kite-surfing dan paralayang.

Sedangkan untuk yang ingin benar-benar mencoba sufring bisa di Pantai Gepruk di Desa Gerupuk, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Pantai ini memiliki beberapa titik ombak yang menantang. Pantai Gepruk juga sudah dikenal dengan peselancar dunia sebagai salah satu spot favorit untuk surfing.

2. Menjelajahi kekayaan tradisi Nusantara di Desa Wisata Sade dan Ende

Tradisi Suku Sasak di Desa Wisata. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Menjelajahi kekayaan tradisi budaya di desa wisata bisa menjadi destinasi berikutnya untuk memperkaya pengetahuan terhadap budaya Indonesia yang beragam. Salah satunya adalah di Desa Wisata Sade dan Ende. Di sini tradisi dan budaya Suku Sasak masih sangat kental.

Pengunjung dapat melihat rumah tradisional dan menikmati tarian suku Sasak. Tak hanya itu berbagai kerajinan tangan khas suku Sasak dapat dibeli di sini seperti kain tenun songket hinga kuliner khas Lombok.

3. Melihat sunset di pantai

Pantai Seger. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Untuk para sunset lover, jika berkunjung ke Lombok jangan lupa berkunjung ke pantai sekitar Mandalika. Sejumlah pantai menyuguhkan sunset yang indah dengan background yang romantis.

Salah satunya adalah Pantai Seger, yang berjarak hanya 7 km saja dari Sirkuit Mandalika. Pantai ini sangat cocok untuk melihat sunset. Selain itu yang membuat unik adalah pantai ini sangat terkenal dengan tradisi Bau Nyale yaitu mencari cacing laut yang dipercaya oleh para warga lokal sebagai putri Mandalika. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki bukit yang menjulang dan menjadi spot terbaik untuk melihat sirkuit mandalika dari kejauhan.

4. Mengagumi keindahan alam dari Puncak Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Bukit Pergasingan yang terletak di dekat gunung Rinjani ini memiliki pemandangan yang tiada duanya.  Meskipun harus menempuh perjalanan sekitar hampir tiga jam dari Mandalika, tapi perjalanan yang panjang ini akan terbayarkan dengan pemandangan yang menakjubkan.

Untuk mencapai puncak bukit membutuhkan waktu 1,5 jam saja dan rutenya cocok untuk pendaki pemula.

Bukit Pergasingan menjadi destinasi yang segar dan sejuk dengan pepohonan yang rindang, angin dan udara yang sejuk serta kebun sayur dan sawah, akan membuat perjalanan menuju puncak terasa lebih menyenangkan.

5. Menikmati makanan khas Lombok ayam taliwang

Ayam Taliwang. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Mencicip ayam taliwang yang super lezat ini tidak boleh dilewatkan. Belum sempurna rasanya kalau berkunjung ke Lombok tetapi tidak menyantap ayam taliwang. Menu khas ini terbuat dari ayam utuh yang dipanggang dan disajikan dengan sambal khas yang pedas.

Sambal tersebut terbuat dari bawang putih, cabai, dan terasi. Sebagai pelengkap, hidangan ini biasa disajikan bersama bayam dan terong. Sudah tidak diragukan lagu untuk soal rasanya karena pasti sangat sedap! [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you