Berbagai Makanan Khas Indonesia yang Sehat untuk Dikonsumsi

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Dengan wilayah serta keberagaman budaya yang luas, Indonesia memiliki berbagai macam kuliner dengan cita rasa yang lezat. Meski sering dianggap berminyak dan tinggi kalori, ternyata kebanyakan makanan khas Indonesia adalah makanan yang sehat.

Foto: Ilustrasi Makanan Indonesia (Freepik.com Food photo created by freepik)

Makanan Indonesia sangat terkenal dengan penggunaan rempah-rempah yang baik untuk kesehatan serta proses pemasakan yang baik. Selain itu, harganya yang terjangkau dibandingkan dengan pilihan makanan sehat lainnya seperti salad sangat cocok bagi kamu yang sedang melakukan diet. Lalu apa saja sih makanan khas indonesia yang sehat?

Urap

Urap menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang sehat untuk dikonsumsi. Urap merupakan sayuran yang direbus dan dicampur kelapa parut yang dibumbui berbagai rempah. Urap tidak mengandung daging sehingga baik untuk dikonsumsi bagi para penderita hipertensi.

Urap juga mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, urap juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Sayur Asem

Sayur Asem juga merupakan hidangan khas Indonesia, tepatnya khas betawi, yang sehat untuk dikonsumsi. Terdiri dari berbagai jenis sayuran seperti jagung, kacang tanah, kacang panjang, labu dan melinjo, sayur asem kaya akan protein, vitamin dan mineral.

Karena proses memasaknya yang direbus, sayur asem ini juga terbilang sehat serta memiliki kandungan kalori yang rendah.

Pepes

Hidangan khas daerah Jawa Barat ini sangat sehat untuk dikonsumsi karena proses memasaknya yang dikukus. Protein, vitamin dan mineral yang terkandung dalam bahan makanan akan terjaga lebih baik saat dimasak dengan metode kukus dan digulung dengan daun pisang.

Dengan mengkonsumsi pepes, bisa menjaga kadar kolesterol tetap stabil dan juga menjaga berat badan. Hal ini karena pepes mengandung sedikit minyak.

Karedok

Satu lagi dari wilayah Jawa Barat adalah Karedok. Makanan satu ini juga sangat sehat karena sayur yang digunakannya adalah sayuran segar, termasuk kubis, kacang tanah, tauge dan timun. Sehingga vitamin dan mineral serta nutrisi lain yang dikandung dalam sayuran masih murni. Jumlah saus kacang yang disiram di karedok bisa dikurangi jika ingin lebih sehat.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang sehat untuk dikonsumsi. Seluruh makanan ini bisa dimakan sebagai menu sendiri atau bisa menjadi pelengkap untuk makan nasi kamu. Mana yang jadi favorit kamu?  [nadira]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you