ThePhrase.id – Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2022 akan digelar di Assembly Hall, Jakarta Convention Center pada 18–20 November 2022. Pameran bisnis ini akan menghadirkan 350 merek usaha waralaba, lisensi, pendukung usaha retail dan berbagai peluang usaha lainnya.
FLEI tahun 2022 merupakan edisi ke-19 yang diadakan untuk memberikan semangat optimisme bagi para pelaku bisnis khususnya di segmen waralaba untuk selalu berpikir maju ke depan tanpa batas dalam berinovasi demi meraih peluang-peluang baru.
Pameran bisnis yang mengusung tema “Limitless Opportunity” dengan mempersembahkan One Stop Solution for Business Opportunity Seekers ini akan dibuka untuk umum mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB dengan tiket masuk Rp 55.000 per orang.
Press Conference FLEI XIX di Plaza Indonesia 8 November lalu (Foto: dok. thephrase.id)
Bagi para pengunjung yang ingin mencari peluang usaha baru dapat mengunjungi stand yang diminati untuk mencari tahu tentang rencana bisnis yang akan dijalani.
FLEI akan dibuka dengan Opening Ceremony pada 18 November 2022. Diawali dengan paparan pengembangan industri waralaba di Indonesia dan dilanjutkan dengan sesi keynote speech oleh Kementerian Perdagangan dengan topik bahasan tren milenial yang merambah ke sektor bisnis.
FLEI diselenggarakan dengan dukungan kerja sama Panorama Media bersama dengan Kamar Dagang & Industri Indonesia (KADIN) dan Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI).
Berbagai pihak pemerintahan seperti, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah, dan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif hingga Dinas Biro Perekonomian dan Keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga turut mendukung acara ini. Dukungan ini diberikan dengan visi misi yaitu percepatan pemulihan ekonomi khususnya bagi para pelaku UMKM.
“Masyarakat Indonesia secara de facto tidak terlalu terpengaruh dengan isu resesi 2023. Alih-alih menahan pengeluaran konsumtif pada sektor sekunder yaitu gaya hidup & hiburan, justru kenyataan di lapangan menunjukan bahwa animo masyarakat “meledak” semenjak fase pasca-pandemi,” ungkap President Director Panorama Media, Royanto Handaya dalam Press Conference FLEI XIX, Selasa, 8 November 2022.
`Press Conference FLEI XIX di Plaza Indonesia 8 November lalu (Foto: istimewa)
Berbagai gelaran industri hiburan yang sukses juga membuktikan bahwa daya beli dan mobilitas masyarakat Indonesia masih tetap menunjukan reaksi positif. Optimisme ini juga dipertegas oleh Ketua Umum Asosiasi Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Tri Rahardjo.
“Saya sangat optimis jika animo sebegitu besarnya terhadap sektor sekunder saja disambut dengan baik oleh masyarakat, apalagi acara kami yang sudah jelas merupakan salah satu wadah ekosistem kebutuhan primer dari sandang, pangan & papan yang akan terfasilitasi di FLEI XIX nanti,” ungkap Tri.
Berlawanan dengan isu resesi, IMF memproyeksikan GDP Indonesia mengalami pertumbuhan 5% pada tahun 2023. Alasan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap terjaga adalah dengan menjaga konsumsi kebutuhan rumah tangga.
Selain itu, upaya pemerintah untuk memperkuat daya beli masyarakat tetap konsisten dilakukan melalui kebijakan fiskal berpihak, demi melindungi masyarakat kelompok menengah bawah. Dengan berbagai upaya tersebut, efek perlambatan ekonomi dan resesi global akan sangat minim dampaknya ke Indonesia.
Acara Spesial di FLEI XIX
Franchise & License Expo Indonesia (Foto: Istimewa)
Selain menampilkan berbagai merek waralaba dan lisensi, FLEI XIX juga akan mengadakan program diskusi dari pakar lokal hingga internasional yang dikemas dalam “International Series”. Seri ini yang diharapkan bisa memberikan motivasi kepada para pelaku usaha tanah air untuk bisa go international.
“Kami berharap program khusus ini dapat menambah wawasan baru, sekaligus memberikan update terkini seputar dunia waralaba agar dapat menumbuhkan pelaku usaha baru di Indonesia,” tandas Vice Chairwoman Permanent Committee Franchising, Licensing & Network Marketing KADIN Indonesia, Levita G. Supit.
Sesuai dengan klaimnya sebagai License Expo Indonesia, FLEI XIX kali ini juga spesial dengan secara eksklusif dan perdana menghadirkan implementasi definisi lisensi yang sesungguhnya. Implementasi ini dituangkan dalam bentuk produk maupun materi edukasi yang dikemas dalam program Licensing Brand Indonesia.
Program ini akan dilengkapi dengan Licensing Pavilion hingga Private Meeting Room bagi yang serius untuk meningkatan sales & marketing produknya melalui License Collaboration ini.
Press Conference FLEI XIX di Plaza Indonesia 8 November lalu (Foto: dok. thephrase.id)
“FLEI adalah pameran bisnis pertama dan satu-satunya yang saat ini merealisasikan Licensing dalam konteks yang sebenernya secara komprehensif baik dari sisi edukasi, dedicated pavilion, attractive showcase, brand collaboration, business matching corporate brand dan masih banyak sub-program lainnya dari segmen License ini,” tegas Project Manager FLEI XIX, Rulief Harjianto.
Karakter-karaker Superhero dan kartun-kartun terkenal yang sempat menemani masa kecil kita di TV juga akan dimunculkan dalam bentuk 2D Visual & Digital Motion, hingga 3D Action Figure untuk menarik perhatian pengunjung.
Beberapa perwakilan Entertainment Studio & Entertainment Company kelas dunia yang menaungi karakter-karakter tersebut seperti: NBC Universal, Sanrio, Hasbro, Warner Bros Discovery Global Consumer Products, Pinkfong, Medialink dan masih banyak lagi telah dipastikan akan turut berpartisipasi di License Pavilion FLEI XIX nanti. [fa]