lifestyle

BTS Akan Rilis Photocard NFT, Apa Itu?

Penulis Nadira Sekar
Dec 02, 2021
BTS Akan Rilis Photocard NFT, Apa Itu?
ThePhrase.id - HYBE sebagai perusahaan yang menaungi beberapa bintang terkenal seperti BTS, Tomorrow X Together, Justin Bieber, dan Ariana Grande mengumumkan akan bekerja sama dengan Dunamu untuk meluncurkan merchandise dalam bentuk kripto berupa NFT.

Foto: BTS (twitter.com/bts_bighit)


HYBE berencana menginvestasikan US$ 422 juta untuk mengakuisisi 2,48 persen saham di Dunamu, yang menjalankan pertukaran crypto terbesar di Korea Selatan.

Kesepakatan itu menjadi kabar baik bagi jutaan penggemar BTS di seluruh dunia. Melalui kerja sama tersebut, HYBE akan menjual foto boy band tersebut melalui NFT. Foto-foto anggota BTS secara teratur dijual kepada penggemar, tetapi langkah terbaru Hybe bertujuan untuk mengikuti tren terbaru penjualan koleksi digital melalui token NFT.
Lalu sebenarnya apa itu NFT?

Foto: Ilustrasi NFT (freepik.com Network vector created by pikisuperstar)


NFT sendiri merupakan singkatan dari non-fungible token. NFT adalah bagian dari konten digital yang ditautkan ke blockchain, basis data digital yang menopang cryptocurrency seperti bitcoin dan ethereum. Tidak seperti NFT, aset seperti bitcoin dapat dipertukarkan. Ini artinya dapat diganti atau ditukar dengan aset lain yang identik dengan nilai yang sama, seperti uang dolar. NFT, di sisi lain, unik dan tidak dapat saling dipertukarkan, yang berarti tidak ada dua NFT yang sama.

NFT biasanya digunakan untuk membeli dan menjual karya seni digital dan dapat berbentuk GIF, tweet, kartu perdagangan virtual, gambar objek fisik, kulit video game, real estate virtual, dan banyak lagi.

Pada bulan Maret, NFT menarik perhatian global setelah tweet pertama CEO Twitter Jack Dorsey sebagai NFT terjual lebih dari $2,9 juta. Baru-baru ini, berbagai industri seperti seni digital, olahraga, dan permainan telah mengadopsi teknologi, yang memungkinkan pembeli untuk mendapatkan hak kepemilikan barang-barang digital yang unik.
Tak Hanya BTS

YG Entertainment yang menaungi sejumlah grup Korea ternama seperti BlackPink, Big Bang, dan 2NE1 dilaporkan berinvestasi dalam proyek bisnis NFT. SM Entertainment juga baru saja mengumumkan distribusi konten yang terkait dengan SM Cultural Universe Metaverse (SMCU) dalam hubungan strategis dengan platform blockchain Solana. JYP Entertainment, perusahaan yang menaungi TWICE, Stray Kids, dan ITZY, sebelumnya menyatakan  bahwa mereka akan bekerja dengan Dunamu.

Foto: Photocard NFT The Show (bandwagon.asia)


Perusahaan hiburan dan investor menganggap NFT sebagai faktor kunci dalam menarik penggemar, terlepas dari keterbatasan mereka saat ini.

Photocard NFT milik penggemar mungkin memiliki gambar dan suara yang mirip dengan aslinya. Akan tetapi, alih-alih hanya memiliki salinan, penggemar mengambil alih kepemilikan penuh atas materi NFT yang mereka beli – dalam hal ini, photocard – dan masing-masing photocard ini hanya ada satu.  [nadira]

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic