ThePhrase.id - Menjadi salah satu band terpopuler di dunia, pengaruh boyband asal Korea Selatan, BTS tidak perlu diragukan lagi. Selesai masa promosi BTS Meal hasil kolaborasi dengan restoran burger internasional McDonald’s yang sempat menghebohkan dunia, termasuk Indonesia, McDonald’s mengumumkan pendapatan yang diraih berkat penjualan BTS Meal.
Menurut laporan keuangan yang dirilis oleh McDonalds, pengaruh dan kepopularitasan BTS mampu meningkatkan penjualan hingga 57 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pendapatan McDonald’s mencapai hampir US$ 5,9 miliar atau sekitar Rp 85,4 triliun.
McDonald’s mulai menjual BTS Meal, menu kolaborasinya pada bulan Mei untuk waktu yang terbatas. Menu tersebut meliputi 10 potong Chicken McNuggets, kentang goreng ukuran sedang, Coca-cola serta dua saus celup, Sweet Chilli dan Cajun yang terinspirasi oleh resep McDonald's Korea Selatan. Kolaborasi McDonald’s dengan BTS merupakan kolaborasi selebriti pertama yang dijual secara global.
Hanya dalam tiga bulan, penjualan BTS Meal di restoran secara langsung melonjak 40,5 persen, mendorong laba menjadi $2,2 miliar atau sekitar Rp 31,5 triliun dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang hanya $483,8 juta atau sekitar Rp 6,9 triliun.
Foto: twitter.com/McDonalds
Kolaborasi BTS dengan McDonald’s, ditambah dengan kesuksesan fenomenal hit musim panas mereka 'Butter' membantu meningkatkan penjualan paket makanan McDonald's. Sebelumnya dilaporkan bahwa beberapa gerai McDonalds di beberapa negara seperti Korea Selatan dan Indonesia terpaksa menutup restoran karena meningkatnya resiko covid-19.
McDonald’s menyatakan bahwa penjualan BTS Meal mendorong kunjungan ke restoran dan secara signifikan mengangkat penjualan Chicken McNuggets yang merupakan salah satu menu inti. Bahkan, popularitas BTS Meal mendongkrak penjualan Chicken McNuggets di Korea Selatan hingga 250 persen dalam waktu empat minggu. McD tercatat menjual 1,2 miliar paket BTS Meal di Negeri Ginseng ini saja. [nadira]