ThePhrase.id – PT Omnichannel Retail Indonesia, perusahaan pemilik brand ikonik Indonesia Sophie Martin dan Brunbrun Paris, meluncurkan Sistersel. Konsepnya adalah multi-brand khusus produk-produk fashion, make-up, dan skincare dengan brand terkemuka seperti Sophie Martin, Brunbrun Paris, Everwhite, Whitelab dan Holika Holika. Terbuka juga peluang kerja sama franchise untuk kota-kota di Indonesia yang belum tersedia gerai.
Sistersel merupakan platform e-commerce yang diluncurkan pada akhir tahun 2020. Mendapat sambutan hangat dari konsumen, PT Omnichannel Retail Indonesia mengambil langkah agresif dengan memperluas jangkauan Sistersel dan mentransformasi seluruh gerai Brunbrun Paris menjadi toko offline Sistersel.
“Peluncuran toko offline Sistersel menjadi babak baru untuk industri retail di Indonesia. Sistersel akan menjadi multi-brand store terbesar di Indonesia yang menawarkan produk fashion dan beauty termasuk brand yang sudah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia; Sophie Paris dan Brunbrun Paris,” ujar CEO Omnichannel Retail Indonesia, Bruno Hasson.
Sistersel menyatakan bahwa mereka siap menjadi toko multi-brand dengan konsep O2O commerce terbesar di Indonesia. Toko yang dibuka pertama kali di Kota Kasablanka lantai 2 unit 215 ini juga diluncurkan untuk memenuhi langkah pertama dari visi perusahaan, menciptakan ekosistem online to offline (O2O) commerce yang memberikan seamless customer experience.
Gerai offline Sistersel (Foto: dok. Omnichannel Retail Indonesia)
Langkah ini dinilai cukup berani lantaran kecenderungan konsumen untuk belanja melalui e-commerce akibat pandemi. Menurut Katadata Insight Center, 17,5% dari konsumen Indonesia kini beralih menjadi pelanggan e-commerce. Bank Indonesia juga melaporkan peningkatan transaksi belanja online sebesar 63,4% menjadi Rp186,7 triliun dan memproyeksikan bahwa belaja online akan terus naik pada 2022.
“Langkah bisnis ini terlihat cukup berbeda di saat belanja e-commerce sedang diminati namun kami malah membuka gerai fisik Sistersel. Strategi ini diambil karena kami yakin bahwa meskipun tren belanja online meningkat, masyarakat masih membutuhkan pengalaman offline,” jelas Bruno Hasson.
Sebelumnya, Sistersel online webstore telah terlebih dulu diluncurkan pada 1 September 2020 untuk menjawab permintaan pelanggan dan distributor Sophie Martin sekaligus mendekatkan produk-produk Brunbrun Paris ke pelanggan di penjuru Indonesia. Hingga kini, platform online Sistersel telah memiliki lebih dari 100.000 anggota, dan melayani hingga 500.000 transaksi per bulannya.
Menilik dari jumlah pengunjung webstore ini yang mencapai satu juta orang per bulan, menunjukkan minat masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap produk-produk Omnichannel Retail Indonesia yang ditawarkan dengan harga terjangkau namun dengan kualitas tinggi dan sentuhan chic ala Perancis.
Bruno berencana untuk menghadirkan pengalaman online to offline (O2O) commerce di kota-kota kecil dengan rencana membuka 160 toko baru di seluruh Indonesia, Sistersel siap menyapa pelanggannya yang berlokasi tak hanya di kota-kota besar, tetapi juga kota-kota kecil, seperti Pematang Siantar, Pamekasan, dan Manokwari.
Selain itu, Sistersel juga membuka peluang franchise untuk kota-kota di Indonesia yang belum memiliki gerai untuk lebih memperluas lagi jangkauan Sistersel.
“Melalui kerjasama franchise, kami berharap dapat menyapa lebih banyak lagi konsumen dan reseller sekaligus turut menggerakkan perekonomian di kota-kota kecil di Indonesia yang jarang memiliki toko yang menawarkan produk fashion & beauty dengan gaya Perancis seperti Sistersel,” tandasnya. [fa]