Butter Coffee, Kopi Penahan Lapar Khas Diet Keto

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Jarang mendengar nama butter coffee atau belum pernah mencampurkan butter atau mentega ke dalam kopi? Pecinta kopi dapat mencoba kopi yang satu ini jika ingin menikmati kopi unik dengan banyak manfaat.

Meski terdengar aneh namun butter coffee merupakan versi alternatif dari Bulletproof Coffee yang diracik oleh David Asprey dari Australia. David meracik kopi dengan mentega tawar serta minyak kelapa jenis MCT yang ternyata digemari oleh David Beckham hingga Ed Sheeran.

Butter Coffee (Foto: coffeeaffection)

 

Kopi ini kemudian viral karena disebut memiliki sejumlah manfaat akibat kandungannya yang kaya vitamin serta lemak baik. Butter coffee biasanya dikonsumsi pagi hari oleh orang yang menerapkan diet keto atau diet tinggi lemak dan rendah karbo.

Manfaat Butter Coffee

Kopi yang satu ini disebut sebagai kopi yang dapat menahan lapar. Hal ini karena kandungan mentega dalam kopi dapat meningkatkan nilai kalori serta lemak dari butter coffee dibandingkan dengan kopi hitam biasa.

Kopi ini dapat menjadi sumber energi untuk memulai hari yang mengenyangkan serta meningkatkan konsentrasi. Selain itu kandungan MCT pada minyak kelapa disebut dapat meningkatkan metabolisme yang dapat memecah lemak agar nutrisi dapat terserap dalam tubuh.

Lemak pada butter coffee juga disebut dapat menjadi penghalang dalam tubuh terhadap efek gelisah yang timbul akibat kafein.

Untuk membuat butter coffee, siapkan bahan-bahan berikut:

  • 2 sendok makan kopi hitam bubuk
  • 200-300 ml air panas
  • 1-2 sendok makan unsalted butter atau mentega tawar (dapat diganti dengan ghee)
  • 1-2 sendok makan minyak kelapa
Butter Coffee, kopi khas diet keto (Foto: womenshealthmag.com)

Setelah menyeduh kopi, bisa menyampurkannya ke dalam blender selama 20-30 detik sampai semua bahan tercampur rata seperti latte foam.

Kopi ini dapat menjadi alternatif bagi yang bosan dengan variasi kopi dengan gula dan kreamer. Namun, konsumsi kopi ini harus diperhatikan bahwa kopi ini mengandung lemak yang tinggi sehingga dapat menyebabkan gangguan pada perut seperti perut kembung hingga diare.

Healthline menyebut konsumsi butter coffee harus diimbangi dengan konsumsi sayuran, buah-buahan hingga makanan tinggi protein pada waktu makan lainnya. [fa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you