e-biz

Cari Alternatif Produk yang Diboikot? Ini Rekomendasi Produk Lokal yang Bisa Jadi Pilihan

Penulis Firda Ayu
Nov 10, 2023
(Foto: Canva/cyano66)
(Foto: Canva/cyano66)

ThePhrase.id - Serangan Israel terhadap Palestina yang terus berlanjut membuat masyarakat memutuskan untuk memboikot berbagai brand yang mendukung tindakan genosida tersebut.

Boikot ini termasuk pada beberapa brand besar yang kerap digunakan atau dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari, seperti Unilever, L’Oreal, Nestle, PUMA, Nike, McDonald’s, Starbucks dan brand-brand ternama lain. 

Sebagai alternatif, banyak masyarakat yang mulai beralih dan menggunakan produk lokal yang tidak terlibat dalam tindakan genosida sebagai pengganti dari produk-produk yang terkena boikot.

Bagi yang bingung mencari alternatif produk lokal sebagai pengganti, berikut ThePhrase.id bagikan rekomendasinya dilansir dari berbagai sumber.

Produk Rumah Tangga dan Personal Care

Cari Alternatif Produk yang Diboikot  Ini Rekomendasi Produk Lokal yang Bisa Jadi Pilihan
Berbagai brand dari Wings, Lion Wings, dan Paragon (Foto: wingscorp.com, lionwings.com, paragon-innovation.com, biodef.co.id, femaledaily.com)

Bagi yang mencari berbagai produk rumah tangga pengganti dari produk-produk yang diboikot dapat mencoba produk dari Wings Group maupun Lion Wings. Kedua perusahaan ini menaungi merek-merek produk rumah tangga ternama, seperti So Klin, Ekonomi, Ciptadent, Zinc, NUVO, dan beberapa merek ternama lain.

Selain itu, kalian juga dapat mencoba produk lokal milik Paragon, Sari Ayu,  Bhumi, hingga The Bath Box.

Makeup dan Skincare

Tak sedikit dari kita yang menggunakan makeup maupun skincare dari Amerika yang diketahui mendukung Israel. Sementara itu, beberapa brand kecantikan lokal menyatakan dukungan mereka terhadap Palestina. Brand-brand tersebut adalah MOP, Wardah, Kahf, Make Over, Teratu, Skin Game, Koola Beauty, Runa Skin, Noera yang dapat dijadikan sebagai pilihan. 

Perlengkapan Olahraga atau Sportwear 

Cari Alternatif Produk yang Diboikot  Ini Rekomendasi Produk Lokal yang Bisa Jadi Pilihan
Berbagai brand perlengkapan olahraga yang bisa jadi pilihan (Foto: eigeradventure.com, upload.wikimedia.org, corenationactive.com, shopee.co.id)

Perlu membeli peralatan olahraga tapi bingung mencari alternatif merek lokal yang tidak mendukung Israel? Kalian dapat mencoba produk lokal yang tak kalah berkualitas, seperti Eiger, Polygon, Corenation Activewear, Laica Active, dan brand-brand lokal lain. 

Makanan dan Camilan

Penggemar makanan instan maupun camilan yang bingung mencari alternatif produk yang terkena boikot dapat mencoba beberapa brand dari Indonesia yang tak kalah pamornya. Brand tersebut adalah Silverqueen, Indomie, Mie Sedaap, Kopi Kapal Api, Kopiko, hingga Nutrisari yang bahkan telah dikenal secara global dan diekspor ke beberapa negara. 

Restaurant Cepat Saji

Cari Alternatif Produk yang Diboikot  Ini Rekomendasi Produk Lokal yang Bisa Jadi Pilihan
Brand restoran cepat saji yang jadi pilihan (Foto: upload.wikimedia.org, hisanafriedchicken.com, sabana.co.id, hokben.co.id, dkriuk.com, lawlessjakarta.com, facebook.com/Burger bangor Ciawi, linkedin.com/PT. Sushi Tei Indonesia)

Bagi pecinta ayam goreng ala Amerika, ada beberapa brand makanan cepat saji lokal yang tak kalah lezat. Seperti, Richeese Factory, Hisana, Sabana, Lawless Burgerbar, D’Kriuk Fried Chicken, Burger Bangor, dan CFC yang tidak terlibat dalam memberi dukungan terhadap Israel. 

Sementara untuk pecinta makanan Jepang, tak perlu khawatir karena restoran seperti HokBen dan Sushi Tei Group juga tidak terlibat dalam memberi dukungan terhadap Israel.

Cafe dan Bakery

Tak perlu khawatir bagi pecinta roti dan kopi, karena brand di Indonesia juga menawarkan rasa dan pengalaman nongkrong yang nyaman. Selain coffee shop lokal yang kini menjamur, brand seperti Bakerzin, J.CO Donuts & Coffee, Excelso, Fore, Tuku, Kopi Kenangan dapat menjadi pilihan. 

Sementara itu, bagi pecinta kudapan manis. Kalian dapat menjajal roti maupun kue dari brand lokal ternama, seperti Holland Bakery, Roti’O, J.Co, Sari Roti, hingga Mako sebagai alternatif. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic