Catat! Ini 5 Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Tak sedikit orang yang lebih memilih untuk menahan buang air kecil daripada harus pipis di toilet yang kurang bersih. Namun, menahan pipis memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Bahayanya bagi kesehatan berdampak pada beberapa organ tubuh, tak hanya satu saja. Agar lebih waspada, yuk simak bahaya sering menahan buang air kecil:

Ilustrasi menahan buang air kecil. (Foto: Canva)

1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah salah satu penyakit yang sering terjadi akibat menahan pipis. Penyakit ini terjadi karena penumpukan kotoran dan bakteri pada sistem kemih sehingga menimbulkan infeksi. Menahan buang air kecil berarti menahan juga bakteri yang terdapat pada urine sehingga jika tidak dikeluarkan bakteri dapat berkembangbiak dan dapat menyebabkan infeksi.

2. Batu ginjal

Batu ginjal adalah batu-batu kecil yang terbentuk di dalam ginjal akibat lebihnya natrium dan kalsium. Apabila endapan mineral ini tidak dikeluarkan segera saat merasa ingin pipis, maka akan berisiko menjadi batu ginjal. Batu ginjal yang berukuran kecil dapat keluar lewat saluran kemih. Namun, jika memiliki kebiasaan menahan pipis, maka batu dapat berkembang lebih besar.

Batu yang sudah berukuran besar tidak dapat keluar melalui saluran kemih dan malah akan menyumbatnya. Alhasil, aliran urine dari ginjal akan terhalang dan rasa nyeri saat buang air kecil akan terasa.

3. Inkontinensia urine

Terlalu sering menahan buang air kecil juga dapat mengakibatkan otot kandung kemih melemah. Ini dikarenakan otot bekerja lebih kencang untuk menahan air kecing. Jika sering dilakukan, maka otot tak lagi menjadi elastis. Ini dapat menyebabkan inkontinensia urine atau kebocoran urine.

4. Nyeri dan sakit pinggang

Kebiasaan menahan pipis juga dapat menyebabkan nyeri dan sakit pinggang. Nyeri ini berasal dari otot-otot kandung kemih yang tetap berkontraksi meskipun urine sudah dikeluarkan. Pasalnya, saat kandung kemih sudah setengah terisi, saraf sekitar organ akan aktif dan memberikan sinyal ingin dikeluarkan. Namun, jika sering ditahan, maka tubuh akan melawan sinyal tersebut. Ketika sudah dikeluarkan maka otot masih terus tegang dan bekerja, itulah yang menyebabkan nyeri hingga pinggang.

5. Dapat menyebabkan gagal ginjal

Dalam skenario paling parah, menahan pipis dapat menyebabkan gagal ginjal. Gagal ginjal terjadi karena ginjal gagal melakukan penyaringan terhadap racun seperti kotoran dan bakteri yang diproduksi tubuh sebagai sisa pencernaan. Apabila ini terjadi, maka fungsi tubuh akan terganggu. Apabila hal ini sudah terlanjur terjadi, maka penanganan yang dapat dilakukan adalah melalui donor ginjal.

Itulah beberapa bahaya menahan buang air kecil dan dampaknya bagi kesehatan. Ada baiknya untuk selalu membawa tisu kering dan tisu basah untuk membersihkan toilet sebelum digunakan, sehingga dapat buang air kecil dengan nyaman tanpa harus menahannya. [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you