politics

Cawapres Pendamping Anies Baswedan akan Diumumkan dalam Waktu Dekat

Penulis Rangga Bijak Aditya
Aug 16, 2023
Anggota Tim Delapan KPP Sudirman Said. (Foto: Instagram/sudirmansa1d)
Anggota Tim Delapan KPP Sudirman Said. (Foto: Instagram/sudirmansa1d)

ThePhrase.id - Salah satu anggota Tim Delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Sudirman Said mengatakan bahwa kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang akan dampingi Anies Baswedan akan diumumkan sebentar lagi. 

“Kapan pengumuman kandidat cawapres Anies Baswedan dilakukan, ini masih dalam pembicaraan KPP,” ucap Sudirman Said dalam siaran pers yang diterima di Karawang, Minggu (13/8) dikutip Antaranews.

Sudirman tak menampik bahwa ada perbedaan pandangan antar partai anggota KPP mengenai waktu deklarasi dan diumumkannya sosok yang akan dampingi Anies pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Namun ia mengapresiasi adanya perbedaan pandangan tersebut karena untuk tujuan yang sama.

“Ketiga partai KPP punya latar belakang dan konteks internal yang berbeda-beda, meski dengan tujuan yang sama yaitu mengusung dan memenangkan pasangan capres dan cawapres koalisi perubahan,” paparnya.

Adapun perbedaan pandangan tersebut ialah Partai NasDem yang berpendapat bahwa deklarasi cawapres Anies sebaiknya menunggu koalisi lain lebih dahulu, bahkan sempat menyebut akan dilakukan di ujung menjelang wakut pendaftaran resmi ke KPU.

Sedangkan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengharapkan deklarasi dan pengumuman tersebut dilakukan secepatnya.

“Benar ada perbedaan, tetapi kesamaannya adalah seluruh partai sikapnya berdasarkan Piagam Koalisi, yakni memberikan mandat kepada kandidat capres untuk menentukan pasangan,” imbuh Sudirman.

PKS Yakin Anies Bijak Tentukan Cawapres

Cawapres Pendamping Anies Baswedan akan Diumumkan dalam Waktu Dekat
Presiden PKS Ahmad Syaikhu. (Foto: Instagram/syaikhu_ahmad_)

Presiden PKS Ahmad Syaikhu meyakini bahwa Anies Baswedan akan bijak dalam menentukan siapa cawapres yang akan dipilih untuk mendampinginya pada Pemilu 2024.

“Sesuai dengan piagam koalisi bahwa kami sepakat seluruh urusan bakal cawapres diurus oleh Pak Anies dan saya kira, Pak Anies akan bijak dalam menentukan dengan siapa dia akan didampingi pasangannya,” jelas Ahmad Syaikhu di Kantor DPW PKS Lampung, Bandarlampung, Sabtu (12/8).

Meskipun seluruh parpol anggota KPP memberikan usul mengenai nama bakal cawapres, Ahmad Syaikhu menyebut KPP tetap menyerahkan keleluasaan bagi Anies untuk menentukan.

Meskipun demikian, ia menyampaikan tetap inginkan sosok cawapres yang memiliki integritas, kapasitas kepemimpinan, dan adanya kecocokan dengan capres, Anies Baswedan.

“Jangan sampai ada konflik satu sama lain, dan paling penting bagaimana cawapres ini punya elektabilitas sehingga peluang menangnya besar,” tandasnya. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic