lifestyle

Cuaca Panas Buat Wajah Berjerawat? Intip Cara Mengatasinya!

Penulis Ashila Syifaa
Sep 16, 2023
(Foto: Pexels/Rdne Stock Project)
(Foto: Pexels/Rdne Stock Project)

ThePhrase.id - Tiba-tiba wajah breakout dan berjerawat? Perubahan cuaca dan cuaca panas juga dapat memicu munculnya jerawat. Salah satu faktornya adalah keringat dan produksi minyak yang lebih di cuaca yang panas.

Meskipun begitu, kulit mengeluarkan keringat yang lebih merupakan hal yang sangat wajar bagi manusia tertutama saat terjadi peningkatan suhu udara dan cuaca panas. 

Menurut Dr Ifeoma Ejikeme, Dokter Estetika dari Inggris peningkatan kelembapan dan panas dapat menyebabkan produksi minyak lebih banyak, sehingga kulit menjadi lebih berminyak. 

Selain itu, suhu yang lebih tinggi dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, sehingga muncul kemerahan pada kulit. Peningkatan produksi keringat dapat terjadi, hal ini dapat menghidrasi kulit tetapi juga berpotensi menyebabkan pori-pori tersumbat jika tidak dibersihkan dengan benar.

Keringat yang bercampur dengan minyak dan sel-sel kulit mati akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit menjadi berjerawat atau breakout. Lalu kelembapan yang meningkat juga menjadi lingkungan yang nyaman untuk bakteri tumbuh di kulit. Untuk menghindari ini, gunakan pembersih wajah dan cuci muka secara dengan baik.

Hindari Mengeksfoliasi Kulit

Ketika sedang breakout terkadang secara spontan menggunakan produk eksfoliasi dengan AHA/BHA. Namun perlu diingat kerusakan kulit karena matahari dan meningkatnya sensitivitas kulit terhadap matahari dapat terjadi karena menggunakan bahan AHA seperti glycolic acid.

Dr Ejikeme mernyarankan untuk fokus pada cleansing yang memiliki bahan non-comedogenic yang dapat membantu menghidrasi kulit tanpa menyumbat pori-pori. Sedangkan jika ingin merawat jerawat dapat menggunakan benzoyl peroxide atau salicylic acid.

Jika ingin tetap menggunakan bahan eksfoliasi seperti retinol wajib menggunakan sunscreen tak hanya di siang hari tetapi pada malam hari juga. 

Gunakan Suncreen yang Tepat

Ketika cuaca sedang panas, penting menggunakan sunscreen untuk menjaga kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Sunscreen sebenarnya tidak dapat menyebabkan jerawat, namun terkadang ada beberapa bahan yang dapat menyumbat pori-pori. Maka pilihlah suncreen yang kandungannya non-comedogenic, mattifying dan oil-free.

Tips Merawat Kulit saat Cuaca Sedang Panas

Membersihkan secara menyeluruh dan lakukan dua kali sehari dengan pembersih non-komedogenik untuk menghilangkan kelebihan minyak, keringat, dan kotoran tanpa mengelupas kulit. Gunakan pelembab yang ringan, bebas minyak, dan non-komedogenik untuk memberikan hidrasi tanpa menambah rasa berat atau menyumbat pori-pori.

Hindari menggunakan riasan tebal. Hal ini dapat memerangkap keringat dan sebum, sehingga berpotensi menyebabkan jerawat. Pilihlah riasan bebas minyak atau mineral.

Jangan lupakan SPF, lindungi kulit dengan SPF 50 berspektrum luas, aplikasikan secara merata dan aplikasikan kembali setiap dua jam, terutama saat terpapar sinar matahari dalam waktu lama.

Carilah produk dengan asam azelaic untuk membantu melawan peradangan. Ini dapat ditemukan dengan komposisi 10% tanpa resep dan diresepkan dengan persentase yang lebih tinggi. [Syifaa]

 

 

 
Related News

Popular News

 

News Topic