sport

Dahsyat! Formasi Timnas Indonesia dengan Mayoritas Pemain Naturalisasi

Penulis Rangga Bijak Aditya
Dec 31, 2023
Timnas Indonesia berpeluang dihuni oleh mayoritas pemain naturalisasi. (Foto: Istimewa)
Timnas Indonesia berpeluang dihuni oleh mayoritas pemain naturalisasi. (Foto: Istimewa)

ThePhrase.id - PSSI telah menaturalisasi enam pemain keturunan sejak dua tahun terakhir, akan tetapi masih mengincar beberapa pesepak bola untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Keenam pemain untuk Timnas Indonesia tersebut yaitu Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan yang terakhir adalah Justin Hubner.

Jordi Amat adalah bek Johor Darul Ta'zim (JDT) di Malaysia, Sandy Walsh bek sayap KV Mechelen di Belgia, Pattynama bek sayap Viking FK di Norwegia, Jenner gelandang Jong Utrecht di Belanda, Struick penyerang ADO Den Haag di Belanda, dan Hubner bek di Wolverhampton Wanderers U-21.

Sekarang, PSSI masih memproses naturalisasi tiga pemain. Ketiganya yakni Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, dan yang terbaru ialah Thom Haye.

Tjoe-A-On ialah bek Swansea City di Inggris, Oratmangoen winger Fortuna Sittard di Belanda, dan Thom Haye gelandang SC Heerenveen di Belanda.

"Untuk pengambilan sumpah kewarganegaraan Republik Indonesia Tjoe-A-On mungkin dilakukan pada Januari 2024. Mudah-mudahan secepatnya," beber anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan.

Dahsyat  Formasi Timnas Indonesia dengan Mayoritas Pemain Naturalisasi
Gelandang SC Heerenveen, Thom Haye segera dinaturalisasi PSSI. (Foto: Istimewa)

"Ada satu calon pemain Timnas Indonesia lagi yang sedang kami naturalisasi. Thom Haye. Dia datang ke sini untuk mengurus berkas-berkas lebih dulu," sambung Endri.

PSSI juga naksir dengan kiper FC Dallas di Amerika Serikat, Maarten Paes, akan tetapi belum memproses naturalisasinya lantaran masih harus melakukan pendekatan dengan sang penjaga gawang.

Jika para pemain keturunan itu telah dinaturalisasi semua, maka akan membentuk formasi yang dahsyat di Timnas Indonesia. Tim Merah Putih berpeluang bersaing di level Asia.

Landasannya adalah banyak pemain keturunan yang berkarier di kasta teratas kompetisi. Semisal Sandy Walsh dan Shayne Pattynama. Jay Idzes juga bukan pemain sembarangan karena bermain di Serie B bersama Venezia.

Formasi Timnas Indonesia dengan Mayoritas Pemain Naturalisasi

Timnas Indonesia (3-4-2-1)

Maarten Paes

Jay Idzes, Jordi Amat, Justin Hubner

Sandy Walsh, Thom Haye, Ivar Jenner, Shayne Pattynama

Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen

Rafael Sturick

(Rangga)

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic