politics

Debat Perdana Capres-Cawapres Bertempat di Kantor KPU, Tema Hukum dan HAM

Penulis Rangga Bijak Aditya
Dec 01, 2023
Rapat Perumusan Tema dan Isu Strategi Pelaksanaan Debat Pasangan Capres-Cawapres Tahun 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (29/11/23). (Foto: Instagram/kpu_ri)
Rapat Perumusan Tema dan Isu Strategi Pelaksanaan Debat Pasangan Capres-Cawapres Tahun 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (29/11/23). (Foto: Instagram/kpu_ri)

ThePhrase.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam Rapat Koordinasi Persiapan Debat Pasangan Capres-Cawapres Tahun 2024 telah menetapkan lokasi digelarnya debat perdana capres-cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, pada Selasa, 12 Desember 2023.

“Kami akan mempersiapkan semuanya,” ucap Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Kantor KPU, Kamis (30/11) dikutip Antaranews.

Seperti diketahui KPU rencanakan debat capres-cawapres sebanyak lima kali sebelum hari pemungutan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada 14 Februari mendatang.

KPU menyatakan baru menentukan lokasi debat pertama, sedangkan lokasi untuk empat debat lainnya masih dalam pembicaraan.

Meskpiun demikian, KPU telah menetapkan bahwa kelima debat tersebut akan dilaksanakan pukul 19.00 WIB

“Dari kelimanya, pelaksanaan debat akan dimulai pada pukul 19.00 WIB,” imbuh Hasyim.

KPU Tentukan Tema Debat Capres-Cawapres

Dilansir Antaranews, KPU melalui proses diskusi bersama tim kampanye capres-cawapres juga telah menentukan tema yang akan menjadi topik debat yang berlangsung sebanyak lima kali ini.

Ketua Divisi Teknis KPU Idham Kholik menyebut debat pertama yang akan diselenggarakan di Kantor KPU RI akan mengangkat tema terkait hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Tema debat kedua yang akan digelar pada 22 Desember 2023 akan membicarakan tentang ekonomi (kerakyatan dan digital), investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan

Kemudian debat ketiga pada 7 Januari 2024, membahas mengenai pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Lalu tema debat keempat pada 21 Januari 2024 mengusung tema terkait energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agrarian, serta masyarakat adat.

Tema debat terakhir atau kelima, akan mengangkat tema soal teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-Covid Society), dan ketenagakerjaan. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic