politics

Debat Terakhir Pilpres 2024 Digelar di JCC, KPU Tetapkan 12 Panelis

Penulis Rangga Bijak Aditya
Feb 02, 2024
Anggota KPU RI August Mellaz. (Foto: Instagram/kpu_ri)
Anggota KPU RI August Mellaz. (Foto: Instagram/kpu_ri)

ThePhrase.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan moderator dan 12 tim panelis untuk debat kelima atau terakhir Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang akan diselenggarakam di Jakarta Convention Center (JCC) Senaya, Jakarta pada Minggu (4/2).

Dua moderator yang akan bertugas memandu jalannya debat capres-cawapres kelima itu yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Selain itu, KPU juga menyebutkan 12 orang panelis yang dalam dua hari menjelang berlangsungnya debat akan dikarantina untuk menyusun pertanyaan terhadap peserta debat.

“Jadi, kami sudah mendapatkan konfirmasi kesediaan dari 12 orang panelis yang nanti akan terlibat dalam menyusun pertanyaan-pertanyaan untuk debat yang kelima mendatang sesuai dengan tema yang kami tetapkan,” papar anggota KPU RI, August Mellaz di Jakarta, Rabu (31/1) dikutip Antaranews.

Debat kelima akan mempertemukan tiga kandidat capres sebagai peserta debat, yakni capres nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Mahfud MD.

Tema yang diangkat pada debat tersebut yakni isu-isu terkait kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat tersebut akan menjadi debat terakhir yang diselenggarakan oleh KPU untuk mengenalkan visi, misi, dan juga gagasan dari masing-masing kandidat capres-cawapres kepada masyarakat, sebelum hari pencoblosan Pilpres 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang.

Adapun stasiun televisi yang akan menayangkan debat kelima capres-cawapres Pilpres 2024 yaitu TV One, ANTV, dan Net TV.

Prabowo Sampaikan Visi Pertama, Format Debat Tak Diubah, 

Mellaz mengungkapkan bahwa capres nomor urut 2 Prabowo Subianto akan mendapatkan urutan pertama untuk memaparkan visi, misi, dan gagasan pada debat capres-cawapres kelima Pilpres 2024.

“Kalau yang terakhir debat keempat kemarin kan dari pasangan calon nomor urut 1, jadi nanti akan dimulai dari pasangan calon nomor urut 2, dalam hal ini calon presiden ya. Dari pasangan calon nomor urut 2 Pak Prabowo Subianto,” ucap Mellaz.

Ia juga menyatakan KPU tak mengubah format debat, akan sama dengan format pada debat-debat sebelumnya yakni terbagi ke dalam enam segmen dengan total durasi selama 150 menit, dengan durasi khusus untuk debat 120 menit.

12 Tim Panelis

Berikut 12 nama yang akan bertugas sebagai tim panelis debat capres-cawapres kelima:

  • Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed
  • Prof. Asep Saepudin Jahar, MA, Ph.D.
  • Bahruddin
  • Damar Juniarto, S.Sos
  • Prof. Emiritus PM Laksono Ph.D.
  • Imam Prasodjo
  • Onno widodo Purbo.PhD. 
  • Dra. Reni Kusumowardhani M.PSI.,
  • Timboel Siregar, S.SI, SH, MM
  • Tolhas Damanik, M.Ed
  • Drs. Tukiman Tarunasayoga MS, Ph.D.
  • Prof. Vina Adriany, M.Ed, Ph. D.

(Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic