politics

Deklarasi Pemilu 2024 Damai, KPU Ingatkan Parpol Gelar Kampanye Sehat

Penulis Rangga Bijak Aditya
Nov 28, 2023
Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari saat sampaikan sambutan di acara Deklarasi Pemilu 2024 Damai di halaman Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (27/11/23). (Foto: Rangga Bijak Aditya)
Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari saat sampaikan sambutan di acara Deklarasi Pemilu 2024 Damai di halaman Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (27/11/23). (Foto: Rangga Bijak Aditya)

ThePhrase.id  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI ingatkan tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) serta para pimpinan partai politik peserta Pemilu 2024 untuk menggelar kampanye sehat saat bersama-sama hadiri acara Deklarasi Pemilu 2024 Damai di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (27/11).

“Komitmen yang dinyatakan para peserta pemilu untuk bersama-sama melaksanakan pemilu yang sehat, kampanye yang sehat, tidak saling mengumbar kenegatifan lawan politiknya,” ucap Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Hasyim mengatakan kampanye dilakukan untuk menunjukkan hal-hal baik untuk mengajak para pemilih untuk memilih dirinya pada hari pemungutan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Mempromosikan dirinya, menunjukkan hal-hal baik dirinya, karena pada dasarnya kampanye adalah upaya untuk meyakinkan pemilih, untuk memilih peserta pemilu karena aspek-aspek positif, keunggulun-keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh masing-masing peserta pemilu,” paparnya.

Ketua KPU RI menilai acara yang digelar sejak sekitar pukul 14.00 WIB itu menjadi momentum untuk bersama-sama meneguhkan niat dan sikap untuk bersama-sama menghadirkan demokrasi menuju pemilu yang berasas “luber dan jurdil”.

“Pada kesempatan ini adalah momentum yang penting sebagai sesama anak bangsa, sesama peserta pemilu, baru saja kita saksikan telah meneguhkan niat dan menyatakan sikap untuk bersama-sama berkolaborasi, bergandengan tangan, untuk menyelenggarakan pemilu berdasarkan asas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” tukas Hasyim. 

Pembacaan Naskah Deklarasi Pemilu 2024 Damai

Deklarasi Pemilu 2024 Damai  KPU Ingatkan Parpol Gelar Kampanye Sehat
Deklarasi Pemilu 2024 Damai di halaman Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (27/11/23). (Foto: Ahmad Haidir)

Naskah deklarasi dibacakan langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, diikuti oleh ketiga pasangan capres-cawapres dan para pimpinan partai politik.

“Naskah Deklarasi Pemilu Tahun 2024, peserta pemilu. Satu, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil). Dua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi sara, dan tanpa politik uang,” tegas Hasyim.

“Tiga, melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jakarta, 27 November 2023,” lanjutnya.

Setelah deklarasi dibacakan, para pasangan capres-cawapres dan pimpinan politik melakukan penandatanganan deklarasi pemilu damai tersebut.

Dengan dideklarasikannya Pemilu 2024 damai, masa kampanye capres-cawapres dimulai pada Selasa, 28 November 2023, berlangsung selama 75 hari hingga Sabtu, 10 Februari 2024. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic