Denzel Dumfries: Dari Timnas Aruba ke Belanda, Mengejutkan Euro 2020

- Advertisement -spot_img
Foto: Denzel Dumfries (instagram.com/ddumfries2)

Thephrase.id – Denzel Dumfries muncul sebagai ikon baru Timnas Belanda. Pemain berusia 25 tahun ini, namanya mulai tenar di Piala Eropa 2020. Hal itu tidak lepas dari performa terbaik yang diperlihatkannya dalam dua pertandingan Belanda. Bek kanan dari PSV ini selain jadi pemain inti, juga produktif dalam mencetak gol.

Menghadapi Ukraina dan Austria dalam dua laga awal penyisihan Grup C, Denzel Dumfries selalu mencetak gol. Catatan yang positif, apalagi kalau tahu dia bermain sebagai bek.

Saat menghadapi Ukraina, Denzel Dumfries mencetak gol penentu pada pertandingan yang berakhir untuk kemenangan Belanda 3-2. Gol tercipta pada menit ke-85.

Kemudian melawan Austria, Kamis (17/06/2021), pemain kelahiran Rotterdam ini memproduksi gol kedua Belanda untuk kedudukan akhir 2-0. Gol kedua Dumfries di Piala Eropa 2020 itu tercipta pada menit ke-67.

Tidak salah bila Tim Teknik UEFA yang diturunkan untuk memilih Star of the Match di setiap pertandingan, selalu memilih Denzel Dumfries sebagai pemenangnya. Baik melawan Ukraina dan Austria, dia diberi trofi pemain terbaik.

“Dia sangat bagus dalam bertahan dan menunjukkan etos kerja yang hebat. Denzel Dumfris bisa terus jadi ancaman lawan, lewat gol yang dicetaknya,” kata Aitor Karanka, Anggota Tim Teknik UEFA.

Sempat Membela Timnas Aruba

Foto: instagram.com/ddumfries2

Ada yang menarik dalam perjalanan laga internasional Denzel Dumfries. Dia tercatat pernah memperkuat Timnas Aruba di dua pertandingan melawan Guam, pada 2014.

Kisah berawal saat usia 18 tahun di bawah pelatih Timnas Aruba ketika itu, Giovanni Franken. Dumfries dibawa bersama banyak pemain Belanda usia muda lainnya, untuk mengikuti seleksi pembentukan Timnas Aruba.

Sekadar diketahui Aruba merupakan anggota FIFA yang tergabung di Concacaf, atau Konfederasi Sepak Bola Amerika Tengah, Utara, dan Karibia. Tidak ada darah Aruba sama sekali dalam tubuh Dumfries, sehingga saat itu murni hanya dibawa pelatih asal Belanda untuk diseleksi jadi pemain Timnas Aruba.

“Setelah beberapa pertandingan ekshibisi, Denzel mengatakan kepada saya bahwa tidak ingin bermain untuk laga internasional resmi buat Aruba. Karena dia sadar peluangnya memperkuat Timnas Belanda akan tertutup kalau melakukan itu,” kata Giovanni Franken, seperti dikutip dari ELF Voetbal.

Akhirnya yang dinantikan Denzel Dumfries, yaitu panggilan dari Timnas Belanda, datang. Pelatih Belanda saat itu Ronald Koeman memanggilnya pada Oktober 2018.

Debut Denzel Dumfries dalam skuat Belanda tercatat pada 13 Oktober 2018. Ketika itu Belanda menghadapi Jerman.

Sejak itu Denzel Dumfries yang kontraknya di PSV baru habis pada Juni 2023, terus menjadi langganan timnas. Hingga sekarang caps dia di Timnas Belanda sudah mencapai 21 pertandingan.

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you