Deretan Artis Indonesia hingga Mancanegara yang Aktif Suarakan Anti Kekerasan Perempuan

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan International. Faktanya, Komnas Perempuan Indonesia mencatat terdapat 338.496 kasus kekerasan berbasis gender (KBG) terhadap perempuan pada tahun 2022.

Kasus ini tidak lepas dari diskriminasi terhadap perempuan mulai dari pelecehan seksual, KDRT, hingga berbagai perlakuan tidak adil berdasarkan gender.

Berbagai pihak telah aktif menyuarakan anti kekerasan terhadap perempuan hingga mengadakan berbagai gerakan yang mendukung perempuan. Gerakan ini mendapatkan sambutan positif dan kerap diramaikan oleh pada selebritis Indonesia hingga dunia.

Siapa sajakah artis yang aktif mendukung kampanye anti kekerasan terhadap perempuan? Simak daftarnya dilansir dari berbagai sumber.

Joko Anwar

Sutradara dunia dari Indonesia, Joko Anwar (Foto: Instagram/jokoanwar)

Sutradara serta aktor popular ini kerap menyuarakan kekhawatirannya atas kekerasan perempuan. Ia pernah mengikuti Women’s March untuk menuntut pengesahan RUU PKS pada tahun 2019 silam.

Sebagai sutradara, ia juga kerap memasukkan nilai-nilai kesetaraan gender dalam tiap filmnya. Joko Anwar juga diketahui menggalang dana di platform kitabisa.com untuk membantu permpuan yang menjadi korban kekerasan pada tahun 2020.

Cinta Laura

Cinta Laura. (Foto: Instagram/claurakiehl)

Tak hanya cantik dan berprestasi saja, aktris cantik berdarah Jerman satu ini juga diketahui memiliki jiwa sosial yang tinggi. Cinta pernah diangkat sebagai Duta Anti-Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Ia juga mendukung langkah pemerintah dalam mencegah kekerasan seksual di kampus pada Undang-undang Permendikbud Ristek No. 30 Tahun 2021 melalui postingannya di instagram. Berkat seringnya ia berkampanye melawan kekerasan, masyarakat menyebut Cinta sebagai figur publik yang mampu menyuarakan anti kekerasan terhadap perempuan dan anak di masyarakat.

Hannah Al Rashid

Hannah Al Rashid (Foto: instagram/hannahalrashid)

Aktris berdarah Bugis-Jerman ini merupakan salah satu artis yang paling vokal dalam menyuarakan hak-hak perempuan. Keaktifannya ini membuat ia ditunjuk sebagai duta PBB untuk Indonesia dengan fokus pada kesetaraan gender.

Hannah kerap membagikan postingan mengenai isu-isu terkait perempuan. Hannah menyarankan kepada perempuan Indonesia untuk mengetahui privilege mereka untuk menghadapi masalah ketisaksetaraan gender dan pelecehan seksual.

Ia juga mengingatkan agar perempuan tidak terjebak dalam privilege mereka dan membantu perempuan lain yang kurang beruntung.

Oprah Winfrey

Oprah Winfrey. (Foto: Oprah.com/George Burns)

Selebritis asal Amerika ini terkenal akan jiwa sosialnya hingga disebut sebagai filantropis paling terkenal abad 21 ini. Ia menggunakan ketenaran serta kekayaannya untuk berbagai kegiatan sosial, salah satunya yaitu mengakhiri kekerasan terhadap perempuan.

Dilansir USA Today, Oprah merupakan korban pemerkosaan oleh sepupunya sendiri pada usia 9 tahun. Dengan pengalaman masa kecilnya yang kelam ini, Oprah sangat vokal dalam mengkampanyekan anti kekerasan terhadap perempuan.

Nicole Kidman

Nicole Kidman (Foto: instagram/nicolekidman)

Disebut sebagai salah satu aktris terbaik dekade ini, Nicole Kidman merupakan salah satu aktris yang sangat vokal menyuarakan mengenai kekerasan perempuan. Aktris yang telah memenangkan enam penghargaan dalam Golden Globe Awards ini ditunjuk sebagai Duta Niat Baik oleh United Nations Development Fund for Women (UNIFEM) pada tahun 2006.

Ia juga menjadi juru bicara internasional dalam inisiatif Say NO – UNiTE to End Violence against Women milik UNIFEM. Nicole dan UNIFEM berhasil mengumpulkan lebih dari lima juta tanda tangan selama fase pertama kepada Sekretaris Jenderal PBB pada 2008.

Ia menyebut bahwa tidak ada batasan bagi capaian perempuan apabila mereka diberi kesempatan.

Reese Witherspoon

Reese Witherspoon (Foto: instagram/reesewitherspoon)

Reese yang dikenal sebagai salah satu aktris dengan bayaran tertinggi ini aktif dalam kampanye anti kekerasan terhadap perempuan. Reese juga diketahui merupakan ketua kehormatan Avon Foundation, sebuah badan amal untuk memberdayakan perempuan dan meningkatkan kesadaran terhadap KDRT.

Aktris asal Amerika Serikat ini juga membantu meluncurkan kampanye melawan kekerasan dalam rumah tangga, Four Ways to Speak Out pada tahun 2009. Ia meminta pemerintah Inggris agar lebih memberikan aksi nyata sebagai bentuk pencegahan kekerasan terhadap perempuan.

David Schwimmer

Davod Schwimmer (Foto: wikipedia.org)

Aktor yang dikenal berkat perannya sebagai Ross Geller dalam sitkom Friends ini merupakan juru kampanye yang berkomitmen untuk membantu para korban pemerkosaan. Melalui NBC News, David menyebut bahwa ia mendengarkan saudara perempuan dan beberapa perempuan di sekitarnya telah mengalami pelecehan seksual.

Ia bertekad melakukan perubahan dengan mendukung gerakan #MeToo, gerakan melawan pelecehan dan kekerasan seksual. Ia juga membuat film pendek berjudul #ThatsHarassment dan menjadi advokat untuk korban kekerasan seksual.

David bahkan tercatat sebagai dewan direksi dalam Rape Foundation selama 15 tahun. [fa]

 

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you