ThePhrase.id – Belakangan ini bisnis franchise milik artis, selebgram hingga Youtuber mulai menjamur. Artis-artis ini memiliki pengikut yang banyak sehingga membuat produk mereka mudah terjual dan laris di pasaran dengan omzet hingga ratusan juta.
Kesuksesan bisnis franchise ini membuat para penggemar maupun pebisnis ingin mencoba berbisnis franchise dari usaha para artis favorit mereka. Simak empat bisnis franchise milik artis yang sedang naik daun berikut ini.
Salah satu Youtuber asal Surabaya, Jerome Polin membuka bisnis franchise teh bernama Menantea sejak tahun 2021. Bisnis yang ia buka bersama kakaknya, Jehian Panangian ini telah memiliki cabang sebanyak lebih dari 200 di seluruh kota di Indonesia.
Dilansir idxchannel, franchise Menantea dibanderol dengan harga Rp125 juta untuk tipe standar dan Rp175 juta untuk tipe auto-pilot.
Tak berhenti sampai di situ, Jerome juga menggandeng Alshad Ahmad untuk membuka restoran ramen franchise dengan nama Kumaw! pada April 2022. Restoran ramen Kumaw! pertama kali dibuka di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat dan kini telah memiliki enam outlet di Jabodetabek dan Bandung.
Salah satu pelopor franchise artis, Ruben Onsu memulai bisnis franchisenya dengan nama Geprek Bensu pada tahun 2017. Geprek Bensu dengan mudah menjadi favorit masyarakat berkat makanannya yang lezat dan harga makanannya yang pas di kantong.
Geprek Bensu pertama kali dibuka di kawasan Pademangan, Jakarta Utara dan kini telah memiliki ratusan cabang yang tersebar di berbagai daerah Indonesia. Idxchannel menyebut bahwa biaya menjadi mitra dari Geprek Bensu sebesar 5 persen dari nilai paket yang diambil.
Fadil Jaidi – Traffic Bun
Fadil Jaidi – Traffic Bun (Foto: instagram/trafficbun.id)
Youtuber dan public figure, Fadil Jaidi juga merupakan artis yang memiliki bisnis franchise bernama Traffic Bun. Fadil berani membuat gebrakan dengan membuka franchise burger yang biasanya identik dengan brand luar negeri.
Dengan pasar burger yang luas, Traffic Bun milik Fadil memiliki pasar tersendiri karena harganya yang lebih terjangkau dan rasanya yang lebih sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Traffic Bun pertama kali dibuka pada Maret 2021 dan berkembang pesat dengan lebih dari 70 outlet dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.
Harga kemitraan Traffic Bun dibanderol sebesar Rp200 juta dengan proyeksi penghasilan hingga Rp174 juta per bulannya.
Tren minuman boba serta street food dari Korea Selatan membuat influencer androgini, Jovi Adhiguna memutuskan untuk terjun ke bisnis franchise dengan nama Street Boba dan Gildak. Ia memulai bisnis minuman boba Street Boba bersama Ririn Ekawati pada tahun 2020.
Meski didirikan saat pandemi, Street Boba berhasil memiliki 153 gerai hanya dalam waktu satu tahun setelah didirikan. Dilansir kumparan, kemitraan Street Boba dibanderol dengan harga Rp200 juta.
Tak hanya franchise di bidang minuman, Jovi juga melebarkan sayap melalui franchise street food dari Korea Selatan yang sedang hits dengan brand Gildak. Konsep waralaba Gildak dibagi menjadi dua yaitu, toko di dalam gedung atau mall maupun stand alone di ruko.
Paket waralaba dari Gildak dibanderol seharga Rp200 juta dengan proyeksi break event point pada 4-5 bulan. [fa]