Deretan Artis Wanita Indonesia yang Terjun dalam Dunia Politik

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Tak hanya berbakat dalam menghibur masyarakat Indonesia, deretan artis wanita Indonesia ini juga terjun dan berkecimpung dalam dunia politik.

Siapa sajakah mereka? Berikut rangkuman ThePhrase.id dari berbagai sumber.

Desy Ratnasari

Desy Ratnasari (Foto: wikipedia.org)

Desy Ratnasari merupakan model, pembawa acara hingga penyanyi yang terkenal pada tahun 90-an. Ia mengawali kariernya pada umur 14 tahun sebagai GADIS Sampul hingga dinobatkan sebagai ratu sinetron tahun 90-an karena selalu menjadi pemeran utama dalam setiap sinetron yang dibintanginya.

Selain aktif dalam dunia entertainment, Desy juga menjadi dosen Fakultas Psikologi di Universitas Atma Jaya Indonesia dan tengah melanjutkan studi Doktoral Psikologi di Universitas Indonesia (UI). Desy Ratnasari mulai aktif dalam dunia politik pada tahun 2014 saat ia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Partai Amanat Nasional.

Nurul Arifin

Nurul Arifin (Foto: partaigolkar.com)

Meski namanya jarang terdengar dil kalangan anak muda, Nurul Arifin merupakan aktris andal dengan akting yang menoreh berbagai pujian. Nurul memang aktif dalam dunia politik dan sempat terpilih sebagai wakil Indonesia oleh Ford Foundation dalam Asia-Pacific Festival Conference of Women in The Art di Filipina.

Perempuan yang aktif di partai Golkar ini juga merupakan Dosen Ilmu Politik UI dan menjadi anggota DPR-RI periode 2007-2009 dan 2019-2024. Selain aktif menjadi DPR, Nurul juga kini menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Krisdayanti

Krisdayanti (Foto: instagram/krisdayantilemos)

Salah satu Diva Pop Indonesia ini mengikuti berbagai kompetisi menyanyi hingga namanya melambung dalam industri musik pada tahun 1990-an. Tak hanya dalam negeri, Krisdayanti juga sempat meraih FIDOF Awards sebagai The Young Talented Artist di festival Bucharest, Rumania.

Krisdayanti mulai terjun dalam dunia politik saat ia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat perode 2019-2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia mewakili daerah kelahirannya yaitu Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur V meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka, artis wanita Indonesia (Foto: upload.wikimedia.org)

Perempuan kelahiran 8 Januari 1974 ini merupakan aktris kondang yang dikenal dengan perannya sebagai Oneng dalam sitkom Bajaj Bajuri.  Meski perannya dalam film sebagai orang yang lambat dalam berpikir, Rieke merupakan pribadi yang cerdas dalam dunia nyata.

Ia memiliki gelar Doktor Ilmu Komunikasi FISIP UI hingga aktif dalam dunia politik. Rieke sempat tergabung dalam partai Partai Kebangkitan Bangsa dan kini tergabung dengan PDIP. Rieke telah tiga kali berturut-turut terpilih menjadi DPR RI dengan daerah pemilihan Jawa Barat II dan Jawa Barat VII.

Rachel Maryam

Rachel Maryam (Foto: upload.wikimedia.org)

Aktris yang terkenal dan aktif pada tahun 2000-an ini merupakan model, aktris dan politisi Indonesia keturunan Sunda. Ia sempat memenangkan Piala Citra sebagai Aktris Pendukung Terbaik dalam film Arisan!.

Rachel Maryam telah tiga kali terpilih sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Partai Gerakan Indonesia Raya. Ia menjadi legislator selama tiga periode pada tahun 2009-2014, 2014-2019, dan 2019-2024 dari daerah pemilihan Jawa Barat II.

Mulan Jameela

Mulan Jameela (Foto: instagram/ mulanjameela1)

Penyanyi dengan nama asli Raden Wulansari ini lebih dikenal publik dengan nama Mulan Kwok atau Mulan Jameela. Ia sempat menjadi penyanyi papan atas yang tergabung dalam Republik Cinta Management milik Ahmad Dhani.

Mulan Jameela terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 dengan daerah pemilihan Jawa Barat XI mewakili Partai Gerakan Indonesia Raya.

Tina Toon

Tina Toon, artis wanita Indonesia (Foto: instagram/ tinatoon101)

Penyanyi cilik yang populer pada tahun 90-an dengan lagu berjudul Bolo-Bolo ini dikenal dengan lagunya yang unik dan goyangan serta gerakan lehernya. Perempuan dengan nama asli Agustina Hermanto ini kini memang tak begitu aktif dalam dunia entertainment.

Wanita kelahiran Jakarta, 20 Agustus 1993 ini terpilih sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta pada masa bakti 2019-2024 mewakili PDIP. [fa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you