Deretan Jurusan Kuliah Unik dan Langka di Dunia, Sebagian Ada di Indonesia

-

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Menempuh pendidikan di perguruan tinggi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Ilmu dan skill yang didapat di dunia perkuliahan tentunya akan sangat berguna dan membantu mahasiswa dalam menapaki dunia kerja.

Jenis ilmu yang diajarkan di perguruan tinggi pun bermacam-macam, sesuai dengan jurusan yang ditempuh oleh mahasiswa berdasarkan prospek kerja yang diinginkan. Pada umumnya mahasiswa memilih jurusan yang familiar di masyarakat.

Namun tahukah kamu, bahwa di beberapa perguruan tinggi di dunia terdapat jurusan perkuliahan yang unik dan langka, sehingga keberadaannya pun jarang diketahui banyak orang.

Berikut deretan jurusan kuliah unik dan langka di dunia yang jarang diketahui banyak orang:

 

1) Teknologi Batik

Ilustrasi membatik (Foto: Kompas)

Sesuai dengan namanya, jurusan ini terdapat di kota Batik, yakni Pekalongan.

Guna mencetak generasi penerus bangsa yang memiliki pengetahuan dan keterampilan seputar batik yang merupakan warisan asli bangsa Indonesia, Universitas Pekalongan meresmikan pembukaan jurusan Teknologi Batik pada tahun 2011 silam.

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan diberikan pembelajaran tentang seluk-beluk batik seperti sejarah, filosofi, serta hal-hal yang berkaitan dengan produksi batik.

Para mahasiswa jurusan Teknologi Batik diharapkan mampu mengembangkan teknologi dan mendirikan usaha mandiri di bidang batik kelak setelah mereka lulus kuliah.

2) Industri Management dan Teknologi Bowling (Bowling Industry Management and Technology)

Ilustrasi bowling (Foto: RedDoorz)

Jurusan unik ini terdapat di Vincennes University, Indiana, Amerika Serikat.

Para mahasiswa jurusan ini mempelajari mengenai apa saja yang diperlukan dalam industri yang berkaitan dengan bowling.

Mahasiswa lulusan jurusan Industri Management dan Teknologi Bowling nantinya akan bekerja dalam lingkungan arena bowling, baik di bagian marketing atau sales hingga management.

3) Bagpiping

Ilustrasi bermain bagpipe (Foto: Bobo)

Pada dasarnya, jurusan yang terdapat di University of Glasgow, Skotlandia ini mengajari mahasiswanya mengenai ilmu bermusik. Namun dalam jurusan Bagpiping ini, pembelajaran fokus pada hal-hal dasar yang perlu diketahui mengenai alat musik bagpipe seperti sejarah, konteks, dan tradisi bagpipe, serta bagaimana cara memainkan alat musik tersebut.

Tidak hanya menjadi pemain bagpipe yang ahli, mahasiswa lulusan jurusan ini juga bisa menjadi instruktur pengajar bagi orang lain.

4) Ilmu Sains Pemakaman (Mortuary Science)

Proses pembelajaran di jurusan Ilmu Sains Pemakaman (Foto: APGuru)

Meskipun terlihat sepele, namun jurusan ini tidak mempelajari servis pemakaman sederhana yang biasa dipelajari oleh khalayak umum.

Jurusan yang berada di University of the District of Columbia, Amerika Serikat ini mengajarkan mahasiswanya tentang fase-dase pemakaman serta tata cara yang benar untuk menjaga kesejahteraan dan keselamatan jenazah.

Nantinya, para lulusan jurusan ini dapat bekerja di rumah sakit, rumah duka, atau menjadi pegawai forensik.

5) Teknologi Game

Ilustrasi bermain game (Foto: Infokomputer)

Mulai dari hanya bagian rutinitas sehari-hari hingga menjadi salah satu cabang olahraga dunia, kini game juga sudah dipelajari di perguruan tinggi.

Jurusan langka ini bahkan terdapat di dua perguruan tinggi negeri di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Surabaya.

Pada jurusan Teknologi Game, mahasiswa akan diajarkan mengenai cara pembuatan  game, mulai dari merancang cerita, karakter, dan hingga pada akhirnya mahasiswa tersebut mampu memproduksi game secara mandiri.

Itulah dia jurusan-jurusan unik dan langka yang terdapat di berbagai perguruan tinggi di dunia. Apakah kamu tertarik menjadi mahasiswa yang mempelajari bidang studi unik tersebut? [hc]

 

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you