Deretan Mobil Listrik Niaga untuk Angkut Barang

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Tak hanya mobil penumpang, pabrikan otomotif juga menciptakan mobil niaga atau mobil komersial berdaya listrik yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Mobil listrik  niaga ini diperuntukkan bagi para pelaku usaha sebagai armadanya dalam mengantar barang.

Mulai dari yang berjenis MVP hingga mobil mungil yang digunakan untuk mengirimkan barang-barang kecil ke tempat yang jaraknya tak begitu jauh.

Di luar negeri, mobil niaga telah banyak diuji coba hingga digunakan dalam kebutuhan usaha sehari-hari. Hal ini dikarenakan saat ini setiap negara sedang gencar melakukan transisi energi yang lebih ramah lingkungan untuk menjaga lingkungan.

Beberapa mobil niaga yang saat ini sudah dijual di pasar otomotif di berbagai belahan dunia maupun yang baru dipamerkan untuk nantinya dijual, antara lain:

1. Wuling E10 

Wuling E10 Express EV. (oto: carnewschina.com)

Hampir mirip dengan Wuling Mini EV yang diperuntukkan sebagai mobil penumpang, Wuling juga memiliki mobil EV yang digunakan sebagai pengantar barang. Karena untuk mengangkut barang, mobil ini berbeda dengan saudaranya yang memiliki kursi belakang, ia memiliki box di belakangnya.

Bukaan pintunya pun unik pada bagian samping dengan dua daun pintu yang dibuka ke dua arah yang berbeda. Warnanya pun kuning semi oranye yang cukup mencolok. Dan uniknya pada bagian pengemudi hanya cukup untuk satu orang dengan setir kemudi di bagian tengah.

2. Renault Twizy

Renault Twizy. (Foto: renaultgroup.com)

Mobil listrik satu ini sangat mungil dengan kapasitas penumpang hanya satu orang di depan dan satu orang di belakang. Beberapa unitnya memang digunakan sebagai pemakaian pribadi, tetapi mobil ini juga dipasarkan sebagai kendaraan niaga.

Di beberapa negara seperti Korea Selatan, Twizy digunakan sebagai armada pengirim barang. Bahkan, layanan pos Korea Selatan telah mengganti sepeda motor dengan armada ini sebagai gantinya yang lebih ramah lingkungan.

Bagasinya berada di belakang mobil, rata dengan bodi dan dibuka seperti pintu biasa ke arah depan. Sedangkan pintu pengemudinya pada kanan dan kiri menggunakan gullwing yang terbuka ke atas.

3. DFSK Gelora E

DFSK Gelora E. (Foto: dfskmotors.co.id)

Mobil listrik satu ini sudah dijual di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 480 juta dan telah dipamerkan di beberapa perhelatan otomotif Indonesia. Secara eksterior terlihat seperti mobil box pada umumnya.

Jika dibandingkan dengan Daihatsu Grandmax yang sering dijumpai di jalanan, DFSK Gelora E ini memiliki dimensi yang lebih besar dengan panjang, lebar, dan tinggi 4500 mm x 1680 mm x 2000 mm.

Mobil ini bisa menjadi mobil penumpang dengan kursi seperti mobil travel, dan juga dapat menjadi mobil box yang mana bagasinya lapang untuk membawa banyak muatan.

4. Alke ATX Range 

Alke ATX Range. (Foto: alke.com)

Dari pabrikan otomotif asal Italia juga terdapat mobil listrik komersial yang bahkan dapat menjadi berbagai bentuk. Bernama ATX Range, mobil ini bak transformer yang menawarkan berbagai konfigurasi pada bagian belakangnya.

Dilansir dari laman resminya, terdapat 6 konfigurasi yang bisa digunakan dengan mobil ini, yaitu loading bed, box pada umumnya, pengumpul sampah, towing, box kulkas, dan COMBI. Dengan begitu, berbagai kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi melalui mobil listrik ini.

Itu dia beberapa macam mobil listrik niaga yang diperuntukkan bagi perusahaan. Meski belum banyak dijumpai di Indonesia, dengan digencarkannya transisi ke kendaraan listrik, bisa banget nih perusahaan juga mengganti armadanya dengan unit yang lebih ramah lingkungan! [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you